Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kroasia Vs Brasil, Tim Samba Masih Punya Banyak Tari Selebrasi

Kompas.com - 09/12/2022, 11:00 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

Sumber AS

KOMPAS.com - Timnas Brasil sedang dalam sorotan, bukan cuma karena performa di lapangan hijau, tapi juga lantaran tarian selebrasi gol yang kontroversial.

Para penggawa Brasil menegaskan bahwa mereka tidak terpengaruh dengan pro kontra soal tarian selebrasi.

Bahkan, Selecao disebut masih punya banyak tarian lain untuk merayakan gol-gol yang akan mereka cetak.

Brasil akan bertemu dengan Kroasia dalam rangkaian babak 8 besar atau perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Ar-Rayyan, Qatar pada Jumat (9/12/2022) malam WIB.

Tim Samba berhasil lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah menang telak 4-1 atas wakil Asia, Korea Selatan di babak 16 besar.

Baca juga: Kroasia Vs Brasil: Muslihat Tarian Neymar, Membedah Dansa 18 Langkah

Hal yang menjadi perhatian adalah para pemain Brasil terlihat sudah menyiapkan tarian-tarian selebrasi yang akan dipertunjukkan setiap tim bikin gol.

Menurut pihak-pihak yang kontra, termasuk legenda Manchester United, Roy Keane, tarian itu dinilai tidak menghormati lawan.

Namun, para pemain Brasil dan sang pelatih, Tite, membantah hal tersebut dan mengatakan bahwa tarian adalah bagian dari budaya Brasil untuk mengekspresikan kegembiraan.

Menurut penyerang sayap Brasil, Vinicius Junior, orang-orang akan terus mengkritik dirinya dan rekan setim.

Tetapi, hal itu tidak akan menghentikannya untuk terus berdansa di atas lapangan.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Mengenal 3 Julukan Timnas Brasil

"Tentu saja, orang-orang suka mengkritik ketika mereka melihat orang lain bahagia, dan orang-orang Brasil selalu bahagia, jadi kami selalu merasakan ini," ujar Vinicius Jr. dikutip dari AS.

"Dalam sepak bola, gol adalah momen yang paling penting, di mana kami tidak hanya bahagia, tapi kami juga sekarang berada di Piala Dunia."

"Seluruh negara berbahagia bersama kami, dan kami masih punya banyak selebrasi nanti," kata pemain Real Madrid tersebut.

Tidak hanya para pemain, pelatih Selecao, Tite juga terlihat bergabung untuk menari setelah gol ketiga Brasil ke gawang Korea Selatan yang dicetak oleh Richarlison.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Silakan Menari, Timnas Brasil...

Berada di tepi lapangan, Tite dikerubungi oleh para pemain Brasil lainnya. Ia lalu melakukan tarian burung merpati, yang juga adalah selebrasi khas Richarlison.

"Saya tidak akan memberikan komentar tentang orang-orang yang tidak tahu soal sejarah sepak bola dan budaya Brasil," kata Tite.

"Ini adalah budaya kami ketika mencetak gol, dan ini bukan berarti kami tidak menghormati orang lain," ujar pelatih berusia 61 tahun tersebut.

Babak perempat final alias 8 besar Piala Dunia 2022 akan menghadirkan laga antara Kroasia vs Brasil, untuk memperebutkan satu tempat di babak semifinal.

Pemenang laga ini akan melaju ke semifinal dan bertemu dengan pemenang dari pertandingan perempat final lainnya, yaitu Belanda vs Argentina.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AS


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com