Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kroasia Vs Brasil: Muslihat Tarian Neymar, Membedah Dansa 18 Langkah

Kompas.com - 09/12/2022, 07:20 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Tarian ala Neymar diyakini bisa menjadi pembeda laga perempat final Piala Dunia 2022 antara Kroasia vs Brasil.

Perempat final alias 8 besar Piala Dunia 2022 akan menyuguhkan duel Kroasia vs Brasil di Stadion Education City, Ar-Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022).

Megabintang Brasil, Neymar, di ambang penciptaan sebuah rekor. Andai bisa mencetak dua gol ke gawang Kroasia, Neymar akan menggeser Pele sebagai pemain tersubur di sepanjang sejarang Canarinho (Si Kenari), julukan timnas Brasil.

Neymar saat ini sudah mengemas 76 gol dalam 123 penampilan bersama timnas Brasil. Pemain Paris Saint-Germain itu cuma berjarak sebuah gol dari Pele, legenda terbesar sepak bola Negeri Samba.

Andai Neymar bisa mencetak gol, mencatat rekor, dan membawa Brasil melaju ke semifinal, siap-siap saja penikmat sepak bola disuguhi dengan atraksi menari sebagai selebrasi.

Baca juga: Piala Dunia 2022, Neymar Jr Berjarak 1 Gol dari Rekor Pele

Brasil mewarnai Piala Dunia 2022 dengan parade tarian untuk setiap gol yang mereka cetak ke gawang Korea Selatan pada fase 16 besar silam.

Canarinho menang 4-1 atas Korea Selatan lewat gol-gol Vinicius Junior (7’), Neymar (13’ pen.), Richarlison (29’), dan Lucas Paqueta (36’).

Stadion 1974 yang menjadi arena laga Brasil vs Korea Selatan mendadak seperti Karnaval Rio lantaran Neymar dkk berdansa untuk tiap gol yang tercipta.

“Siapa yang tahu berapa orang anak akan menari, sebab itulah yang ada dalam budaya kami ketika gol tercipta. Ini bukanlah soal tidak menghormati orang lain, ini cara kami bersikap, inilah kami,” tutur pelatih Brasil, Tite, soal selebrasi menari anak asuhnya.

“Ini mungkin akan membantu edukasi anak-anak kecil di sekolah dan kami akan terus melakukan sesuatu dengan cara kami,” ujar Tite menambahkan.

Bagi orang Brasil, menari seperti sudah mengalir di dalam nadi. Tarian Samba dan sepak bola adalah dua hal komplementer, alias saling melengkapi.

Baca juga: Neymar Menari Setelah Menangis dan Menderita di Ruang Terapi

Dengar saja kisah Domingos Da Guia, bek Brasil di Piala Dunia 1938.

“Saya menemukan dribel pendek dengan menirukan miudinho, salah satu bentuk samba,” kata Domingos Da Guia, seperti dikutip dari The Guardian.

Menilik hal itu, jangan kaget jika tarian Samba Neymar kembali terlihat usai gol Brasil tercipta ke gawang Kroasia, atau malah sebelumnya, seperti yang tertuang dalam artikel terbaru rilisan Globo Esporte.

“Neymar adalah satu-satunya orang yang menari sebelum gol terjadi,” tulis Globo Esporte dalam artikel berjudul "O Penalti de Neymar Passo a Passo".

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com