Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia 2022: Kroasia dan Tradisi Menang Adu Penalti yang Dilanjutkan Livakovic

Kompas.com - 06/12/2022, 07:40 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Kiper Dominik Livakovic menjadi pahlawan kemenangan Kroasia vs Jepang dalam adu penalti di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Livakovic mengatakan, ia melanjutkan tradisi Kroasia menang adu penalti untuk membawa Vatreni melaju ke perempat final di Qatar.

Penjaga gawang berusia 27 tahun yang bermain untuk klub Dinamo Zagreb itu menggagalkan tiga dari empat tendangan penalti Jepang, setelah skor 1-1 di waktu normal dan extra time.

Baca juga: Jepang Vs Kroasia, Modric dkk Jaga Rekor 100 Persen Menang Adu Penalti

Perjalanan Jepang di Qatar pun berakhir, sedangkan Kroasia melanjutkan kiprahnya dengan menghadapi Brasil pada Jumat (9/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Di Piala Dunia 2018 Rusia, Kroasia melaju ke final berkat menang dua adu penalti di babak 16 besar dan perempat final, masing-masing ketika melawan Denmark dan tuan rumah.

Kemudian di Stadion Al Janoub, Qatar, Kroasia mengulang memori yang sama dengan empat tahun lalu meski kipernya berbeda.

"Saya melanjutkan tradisi pendahulu saya (Danijel Subasic). Saya rasa ini lebih ke naluri daripada analisis untuk para eksekutor di depan saya," katanya kepada wartawan, dikutip dari kantor berita AFP.

"Saya tidak berpikir itu penalti yang sulit diselamatkan, itu bukan penalti yang sempurna, dan terima kasih Tuhan untuk itu."

Dia menambahkan, "Perasaan yang luar biasa... Syukurlah semuanya berakhir dengan baik... Ini momen paling berharga dalam karier saya."

Baca juga: Hasil Jepang Vs Kroasia: Kutukan! Samurai Biru Gugur Usai Kalah Adu Penalti

Pelatih Jepang Hajime Moriyasu juga memuji Livakovic, alih-alih mengomentari tiga pemainnya yaitu Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida yang gagal menunaikan tugas.

"Saya tidak merasa kami tertekan, saya pikir kiper itu hebat," ujar eks juru taktik timnas Jepang U23 tersebut.

“Para pemain Jepang bermain 120 menit dengan berani dan para pemain yang melakukan tendangan penalti juga berani."

"Tentu saja kami ingin menang dan hasilnya sangat disayangkan, tapi ... itu tidak meniadakan usaha para pemain. Mereka harus percaya diri bisa bermain di pentas dunia. Mereka menunjukkan betapa bagusnya bisa bermain di Piala Dunia."

Baca juga: Profil Dominik Livakovic: Kiper Pahlawan Kroasia ke Perempat Final Piala Dunia 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com