Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia 2022: Kekalahan Nodai Langkah ke 16 Besar, Spanyol Tanpa Selebrasi

Kompas.com - 02/12/2022, 10:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas Spanyol tidak melakukan selebrasi atau perayaan meskipun berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022

Hal itu karena Spanyol mengalami kekalahan dari Jepang pada laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. 

Pertandingan Jepang vs Spanyol yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa itu berakhir dengan skor 2-1. 

Spanyol unggul pada babak pertama melalui gol Alvaro Morata (11'), sebelum Jepang mencetak dua gol lewat Ritsu Doan (48') dan Ao Tanaka (51'). 

Baca juga: Piala Dunia 2022, Pujian Pelatih Jepang Usai Kalahkan Spanyol 

Berbicara seusai pertandingan, pelatih timnas Spanyol Luis Enrique mengaku tidak senang sebab timnya kalah dan kebobolan dua gol waktu singkat. 

"Saya tidak senang sama sekali. Saya ingin menjadi yang teratas dan menang, tetapi dalam lima menit Jepang mencetak dua gol," kata Luis Enrique, dilansir dari ESPN. 

"Kami tidak memiliki ancaman pada babak pertama, kemudian saat turun minum saya mengatakan kepada para pemain untuk berhati-hati," tutur Luis Enrique. 

"Kami tumbang dan mereka (Jepang) bisa mencetak dua gol. Saya tidak senang sama sekali," kata dia melanjutkan. 

Baca juga: Piala Dunia 2022: Kontroversi Gol Kedua Jepang, Alasan Sah yang Buat Jerman Gugur

Kekalahan dari Jepang menodai langkah Spanyol ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Luis Enrique pun enggan melakukan perayaan apa pun. 

"Saya tidak pernah merayakan kekalahan. Jadi, kami tidak merayakan apa-apa. Kami lolos tapi saya tidak merayakan apa-apa," kata dia. 

Adapun kemenangan atas Spanyol membuat Jepang menjadi juara grup. Tim berjuluk Samurai Biru berada di puncak klasemen akhir Grup E dengan koleksi 6 poin. 

Sementara itu, Spanyol finis di urutan kedua dengan raihan empat poin dan menemani Jepang ke 16 besar dengan status runner-up. 

Spanyol memiliki poin sama dengan Jerman yang berada di peringkat ketiga. Namun, Spanyol berhak melaju ke fase gugur karena unggul selisih gol. 

Sementara itu, posisi dasar klasemen ditempati oleh Kosta Rika yang mengantongi tiga poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com