Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia 2022, Pujian Pelatih Jepang Usai Kalahkan Spanyol 

Kompas.com - 02/12/2022, 09:00 WIB
Jason Timothy Yudha ,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas Jepang, Hajime Moriyasu, memuji ketekunan skuad asuhannya usai mengalahkan juara Piala Dunia 2010, Spanyol dan lolos ke babak 16 besar.

Samurai Biru, julukan timnas Jepang, berhasil mengalahkan Spanyol dengan 2-1 berkat gol Ritsu Doan (48') dan Ao Tanaka (51'). 

Adapun satu gol Spanyol tercipta dari sundulan Alvaro Morata yang memanfaatkan umpan Cesar Azpilicueta pada menit ke-11.

Duel Jepang vs Spanyol di Piala Dunia 2022 berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Ar-Rayyan, Qatar, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Baca juga: Jepang Piala Dunia 2022: Raja Comeback, Tekuk Jerman-Spanyol, Kuasai Grup Neraka

Skuad asuhan Hajime Moriyasu tersebut mendapatkan tekanan kuat dari Spanyol di babak pertama dan tertinggal 1-0, tetapi dua gol cepat setelah istirahat memberi mereka kemenangan terkenal lainnya setelah mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 (Rabu (23/11/2022).

"Spanyol adalah salah satu tim terbaik di dunia dan kami tahu sebelum pertandingan bahwa ini akan berjalan sangat sulit," kata Moriyasu dilansir dari Channel News Asia.

"Namun, para pemain tetap bertahan dan mereka berhasil membalikkan keadaan. Semua orang bersemangat bahwa kami bisa bermain sebagai satu kesatuan lagi," tegas pelatih timnas Jepang itu.

"Ada banyak penggemar yang datang jauh-jauh dari Jepang, serta mereka yang berada di rumah. Kami menghadiahkan kemenangan ini kepada masyarakat Jepang, dan skuad ini sangat senang berkat hasil ini," tuturnya.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Kontroversi Gol Kedua Jepang, Alasan Sah yang Buat Jerman Gugur

Samurai Biru kalah 1-0 dari Kosta Rika pada pertandingan sebelumnya, Minggu (27/11/2022). Kekalahan tersebut membuat Moriyasu menerima banyak kecaman mengenai taktiknya.

Namun, usai mengamankan tiket lolos ke babak 16 besar dan mengalahkan Spanyol, pelatih timnas Jepang tersebut memuji para pemainnya.

"Selama latihan, kami memastikan beberapa hal dan para pemain memberi saya beberapa ide," tambahnya. 

"Kami memutuskan bahwa akan bertahan dan mencoba membalas serangan. Itu adalah pilihan kami semua secara kolektif," ungkapnya.

Baca juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Kans Korsel Susul Jepang, Ghana Vs Uruguay

Timnas Jepang  finis di puncak Grup E dan dengan raihan enam poin akan melawan runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia, di babak berikutnya.

Pertandingan Jepang vs Kroasia akan berlangsung di Stadion Al Janoub, pada Senin (5/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Jika skuad asuhan Hajime Moriyasu tersebut berhasil mengalahkan Kroasia di babak 16 besar, mereka akan mencapai perempat final untuk pertama kalinya dalam enam kunjungan ke putaran final Piala Dunia.

Sementara itu, Spanyol finis di posisi kedua dengan catatan empat poin dan melaju ke fase gugur sebagai runner-up Grup E.  

Spanyol sejatinya punya poin sama dengan Jerman yang berada di urutan ketiga. Namun, tim berjuluk La Furia Roja itu yang berhak mendampingi Jepang karena unggul produktivitas gol.

Selain Jerman, Kosta Rika juga tersingkir dari Piala Dunia 2022 setelah menempati dasar klasemen dengan catatan tiga poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com