Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Korea Selatan Vs Ghana 2-3: Hujan 5 Gol, Kesatria Taeguk bak Kena Kutuk

Kompas.com - 28/11/2022, 22:01 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Korea Selatan kalah 2-3 dari Ghana dalam laga Grup H Piala Dunia 2022. Kutukan tak pernah menang dalam laga kedua Piala Dunia pun berlanjut buat Kesatria Taeguk.

Partai Grup H Piala Dunia 2022 antara Korea Selatan vs Ghana berlangsung di Education City Stadium, Doha, Qatar, Senin (28/11/2022).

Ghana menang berkat gol Mohamed Salisu (24') dan Mohammed Kudus (34', 68'). Sepasang gol Korea Selatan diborong oleh Cho Gue-sung (58', 61').

Kekalahan dari Ghana memastikan tabu Korsel terhadap laga kedua Piala Dunia. Sejak 1954, Kesatria Taeguk tak pernah memenangi partai kedua di pentas Piala Dunia.

Catatan Korsel sejauh ini pada laga kedua Piala Dunia adalah 4 seri dan tujuh kekalahan, termasuk menghitung partai kontra Ghana.

Baca juga: Skuad Korea Selatan di Piala Dunia 2022, Daftar Pemain dan Nomor Punggung

Padahal, Korea Selatan yang mengandalkan sang pahlawan bertopeng, Son Heung-min, mengawali laga melawan Ghana dengan sikap tepat dan mengambil inisiatif menyerang.

Akan tetapi, mirip ketika berbagi skor kacamata 0-0 pada laga pertama melawan Uruguay, Korea Selatan kesulitan mengonversi penyerangan menjadi sebuah kans konkret.

Tak heran jika Ghana justru bisa mencuri gol lebih dulu pada menit ke-24 via sepakan Mohamed Salisu.

Gol Salisu bermula dari skema tendangan bebas yang dieksekusi Jordan Ayew dari sebelah kanan pertahanan Korea Selatan.

Servis Jordan Ayew itu disambut sang kakak, Andre Ayew, dan memicu kemelut di depan gawang Korea Selatan. Papan skor berubah begitu Salisu sigap menyodok bola liar di area mulut gawang Korsel.

Baca juga: Conte Yakin Son Heung-min Fit dan Tampil pada Piala Dunia 2022

Jordan Ayew lagi-lagi mengirim bola enak ke kotak penalti Korsel pada menit ke-34. Operan itu berujung gol setelah Mohammed Kudus melakukan sundulan terarah.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan 2-0 Ghana atas Korea Selatan, yang selama 135 menit mentas di Piala Dunia 2022, belum sekali pun mencatat tembakan tepat sasaran.

Kesatria Taeguk akhirnya mencatatkan upaya on target perdana mereka di Piala Dunia 2022 pada menit ke-53 duel kontra Ghana, saat Cho Gue-sung melakukan tandukan yang bisa ditepis kiper Ghana.

Peluang konkret itu meningkatkan kepercayaan diri Korsel. Melalui skema mirip, Cho Gue-sung menanduk masuk operan silang Lee Kang-in pada menit ke-58.

Momentum bertiup ke kubu Korea Selatan. Hanya dalam tempo tiga menit, Kesatria Taeguk, sukses menyeimbangkan skor menjadi 2-2, lagi-lagi via ayunan kepala Cho Gue-Sung yang menyambut bola silang.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com