Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamal Musiala Dijagokan Jadi Bintang di Piala Dunia 2022

Kompas.com - 17/11/2022, 15:00 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Sumber eurosport

KOMPAS.com - Mantan pemain Manchester United dan Bayern Muenchen, Owen Hargreaves, memberikan sorotan kepada satu nama yang menurutnya akan menjadi bintang Piala Dunia 2022: Jamal Musiala dari Jerman.

Menurut Owen Hargreaves, pemain bertalenta Bayern Muenchen itu mempunyai bakat langka yang bisa membuatnya berbicara banyak bersama timnas Jerman di Piala Dunia 2022.

Bahkan, Owen Hargreaves menilai bahwa Musiala punya potensi untuk bisa menjadi pemain sehebat legenda Brasil, Kaka.

Pada usianya yang masih 19 tahun, Musiala telah membela Die Mannschaft, julukan Jerman, dalam 17 pertandingan.

Baca juga: Hasil Oman Vs Jerman: Der Panzer Menuju Piala Dunia 2022 dengan Kemenangan

Sebelum memutuskan untuk membela timnas Jerman, Musiala juga pernah mewakili Inggris di level usia umur dan punya kesempatan untuk memilih antara dua negara tersebut.

"Ia adalah seorang yang kami (Inggris) tidak punya. Setiap pemain unik dan berbeda, dan Musiala adalah salah satu yang terbaik," kata Hargreaves dikutip dari Eurosport.

"Cara bermainnya begitu unik, saya selalu bilang bahwa dia mengingatkan saya kepada Kaka ketika pertama kali saya melihatnya bermain, ."

"Caranya bergerak, bagaimana luwesnya dia, seorang dribbler bagus," ujar mantan gelandang internasional Inggris itu.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Panggung Ujian Talenta Muda Jerman

Hargreaves mengatakan bahwa Inggris kehilangan kesempatan untuk bisa mendapatkan talenta seperti Musiala, di mana Hargreaves juga pernah berada dalam situasi sama.

Saat ia masih menjadi pemain professional, Hargreaves dihadapkan pada pilihan untuk membela Inggris, Kanada, Wales, atau Jerman pada karir internasionalnya.

"Kami akan sangat senang jika melihatnya (Musiala) berseragam Inggris, tapi saya pernah berada di posisi sepertinya, ketika banyak negara menginginkan Anda," kata Hargreaves.

"Ia (Musiala) telah membuat keputusan terbaik menurutnya. Saya hanya merasa dia adalah pemain yang luar biasa."

Baca juga: 3 Fakta Trofi Emas Piala Dunia: Jerman Pengoleksi Terbanyak

Fleksibilitas Musiala untuk bermain di lini serang jadi perhatian khusus Hargreaves. Menurutnya, hal itulah yang membuat Musiala bisa menjadi bintang untuk timnas Jerman.

"Dia sangat unik di usia masih muda, bakat yang ia miliki di tingkat permainannya. Diabisa bermain di banyak posisi, dirinya bisa menjadi bintang turnamen jika Jerman melaju jauh."

"Untuk Jamal, dia telah menunjukkan kepada Jerman dan Bayern bahwa ia siap untuk laga-laga besar. Apakah (pelatih Jerman) Hansi Flick akan memainkannya di setiap laga, itu adalah kasus yang berbeda."

"Apakah dia (Musiala) bermain sebagai nomor 10? Apakah dia bermain sebagai penyerang sayap? Saya pikir dengan bakatnya, Jerman bisa mencari cara memasukannya ke tim, mereka akan mencari ruang," tambah Hargreaves.

Timnas Jerman akan bermain kontra Jepang pada laga pembuka mereka di Grup E pada Rabu (23/11/2022). Setelah itu, Der Panzer akan menghadapi Spanyol pada Minggu (27/11/2022) dan Kosta Rika pada Kamis (1/12/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber eurosport
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com