Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia 2022: FIFA Tolak Rencana Denmark Pakai Kaus Pro-HAM

Kompas.com - 11/11/2022, 09:40 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA menolak permintaan Denmark untuk bisa memakai kaus latihan khusus yang mengandung pesan dukungan untuk penegakkan hak asasi manusia di Qatar saat Piala Dunia 2022 nanti.

Federasi Sepak Bola Denmark, DBU meminta para pemain yang bertanding di Piala Dunia 2022 untuk memakai kaus khusus saat sesi latihan, dengan tulisan "Hak Asasi Manusia untuk Semua" terpampang di kaus.

Namun, FIFA menolak rencana Denmark tersebut lantaran menurut badan sepak bola dunia itu, kaus latihan Denmark mengandung pesan bernada politis.

Melalui juru bicaranya, DBU membantah bahwa kaus yang akan dipakai para pemain tersebut bernada politis, namun hanya berisikan pesan kemanusiaan untuk semua orang.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Denmark Sindir Pelanggaran HAM Qatar Lewat Jersey

Meskipun kecewa dengan keputusan FIFA, tim nasional Denmark akan mematuhi larangan tersebut agar terhindar dari sanksi dan denda.

"Kami telah mengirimkan permintaan kepada FIFA, tapi tanggapannya negatif. Kami menyesali tapi harus mematuhinya," kata Jakob Jensen, direktur DBU kepada Ritzau.

"Bagi saya, ini adalah jersey dengan pesan yang sangat sederhana tentang hak asasi manusia yang universal."

Jensen mengatakan bahwa Denmark akan tetap patuh pada aturan FIFA yang melarang peralatan tim, termasuk kaus yang berisi pesan politik, agama, atau pernyataan pribadi.

Baca juga: Skuad Denmark untuk Piala Dunia 2022, Diisi Jebolan Euro 2020

"Ini adalah hak FIFA sebagai penyelenggara turnamen ini untuk mengatakan bahwa kami tak bisa melakukannya (memakai kaus latihan khusus)," tambah Jensen.

"FIFA tentu saja melakukan ini untuk mencegah segala hal yang aneh terjadi. Kami tidak menganggap (pelarangan) ini adalah hal yang ganjil."

"Kami tidak berfikir ada pesan politik apapun dalam (kaus) itu. Kami menganggap bahwa hak asasi manusia adalah hal yang universal, dan kami akan tetap percaya itu," kata Jensen.

Meskipun tidak bisa memakai kaus latihan khusus, Denmark akan tetap memakai jersey khusus saat berlaga dalam pertandingan Piala Dunia 2022 nanti.

Baca juga: Profil Tim Piala Dunia 2022: Denmark, Dinamit yang Siap Meledak

Untuk melakukan protes pada tuan rumah Piala Dunia, Qatar, Christian Eriksen dkk. akan memakai jersey dengan warna yang lebih redup daripada biasanya. 

Pada jersey khusus tersebut, warna logo perusahaan pemasok peralatan tim, Hummel, akan mengikuti warna dasar jersey begitu pula dengan logo federasi sepak bola Denmark.

Hummel juga telah mendesain kaus ketiga tim nasional Denmark yang akan berwarna hitam sepenuhnya. Hitam dipilih sebagai warna untuk berkabung.

Denmark akan tergabung dalam grup D di Piala Dunia 2022 bersama dengan Tunisia, Australia, dan juara bertahan, Perancis.

Tim Dinamit, julukan Denmark, akan memulai perjalanan mereka di Piala Dunia 2022 dengan pertandingan melawan Tunisia pada Selasa (22/11/2022) malam WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com