Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Lawan PSG di Babak 16 Besar Liga Champions: Man City, Real Madrid, hingga Bayern

Kompas.com - 03/11/2022, 09:29 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Paris Saint-Germain (PSG) gagal menjadi juara grup Liga Champions 2022-2023 meskipun meraih kemenangan atas Juventus pada laga terakhir. 

Pertandingan Juventus vs PSG pada matchday keenam Grup H Liga Champions 2022-2023 yang berlangsung di Allianz Stadium, Kamis (3/11/2022), tuntas dengan skor 1-2. 

PSG meraih kemenangan berkat gol yang masing-masing dicetak Kylian Mbappe pada menit ke-13 dan Nuno Mendes (69').

Meskipun meraih kemenangan, PSG gagal menjadi juara Grup H sebab pada saat bersamaan Benfica mengalahkan Maccabi Haifa dengan skor telak 6-1. 

Baca juga: Hasil Juventus Vs PSG 1-2: Les Parisiens Berjaya, Si Nyonya ke Liga Europa

PSG mengakhiri fase grup Liga Champions sebagai runner-up dan akan melawan salah satu juara grup pada babak 16 besar. Namun, PSG dipastikan tidak akan bertemu Benfica. 

Hal itu sesuai regulasi Liga Champions, yakni tim dari satu negara dan tim dari grup yang sama pada babak penyisihan tidak bisa bertemu pada 16 besar. 

Kegagalan menjadi juara Grup H membuat PSG berpeluang menghadapi lawan berat salah satunya adalah Bayern Muenchen

Bayern Muenchen menjadi juara Grup C kemenangan sempurna. Die Roten, julukan Bayern, tidak pernah kalah dalam enam pertandingan fase grup dan mengumpulkan 18 poin. 

Baca juga: Top Skor Liga Champions: Haaland Absen, Mbappe Senggol Mo Salah

Bayern Muenchen total mencetak 18 gol dengan hanya kebobolan dua gol. Secara rekor pertemuan, PSG unggul 6-5 dari 11 laga melawan Bayern. 

Selain Bayern Munchen, PSG juga berpotensi berjumpa Real Madrid, Manchester City, Napoli, Chelsea, Tottenham Hotspur, atau Porto. 

Benfica dan PSG sejatinya punya poin yang sama yaitu 14 poin dengan agregat gol sama-sama +9 dan juga mencetak 16 gol serta kebobolan 7 kali. 

Secara rekor pertemuan atau head-to-head, kedua tim sama kuat dengan skor 1-1, baik saat bertanding di markas Benfica maupun PSG. 

Akan tetapi, Benfica berhak menempati puncak klasemen Grup H dan menjadi juara grup berkat keunggulan gol tandang atas PSG. 

Benfica mengoleksi 9 gol tandang yang diraih saat melawan Maccabi Haifa (6 gol), PSG (1 gol), dan Juventus (2 gol). 

Sementara itu, PSG mengoleksi enam gol dengan rincian tiga gol melawan Maccabi Haifa (3-1), satu gol kontra Benfica (1-1), dan dua gol di markas Juventus (2-1).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com