Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewandowski Tak Menyesal Pindah ke Barca meski Musim Debutnya Tak Cemerlang

Kompas.com - 02/11/2022, 00:12 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber Marca

KOMPAS.com - Penyerang Barcelona, Robert Lewandowski, mengaku bahagia di Camp Nou. Dia bangga dengan keputusannya pindah ke raksasa Catalan ini meski musim debutnya tak secemerlang perkiraan.

Lewandowski mengungkapkan hal tersebut dalam wawancara dengan La Vanguardia.

Dia tak menyesal bergabung dengan Barca meski mereka gagal meraih tiket babak 16 besar Liga Champions 2022-23.

"Saya di klub yang saya inginkan dan ketika anda merasa nyaman serta bahagia, segalanya menjadi lebih mudah. Saya berada di tim di mana saya impikan dan saya merasa bangga," ujar striker internasional Polandia ini, dikutip dari Marca.

Baca juga: Viktoria Plzen Vs Barcelona, Tuan Rumah Girang Lewandowski Absen

Namun Lewandowski harus menghadapi kenyataan pahit dalam musim perdananya di Camp Nou.

Dia bersama timnya sudah kehilangan satu trofi paling bergengsi di Eropa karena Barca tersingkir dari penyisihan grup Liga Champions.

Barca kalah bersaing dengan Bayern Muenchen dan Inter Milan di Grup C.

Dua klub yang disebutkan terakhir ini menyegel tiket menuju fase knock-out sekaligus "melempar" Barca ke kompetisi kasta kedua di Eropa, Liga Europa.

Meski demikian, Lewandowski tak mau larut dalam kesedihan. Mantan bintang Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen ini tetap yakin dengan skuad besutan Xavi Hernandez.

"Tim ini masih berkembang, saya tidak berharap tiba di sini dan semuanya berjalan dengan baik pada musim perdana," ujar Lewandowski.

Baca juga: Top Skor Liga Champions: Lewandowski Habis, Siapa Teratas?

"Saya tegaskan bahwa ini adalah proses yang membutuhkan waktu dan kesabaran.

Pemain 34 tahun ini menambahkan, Barcelona akan belajar dari kesalahan yang membuat mereka kembali tersingkir dari Liga Champions--musim lalu pun Barca langsung tereliminasi dalam fase grup.

"Barcelona seharusnya berada di babak 16 besar. Kami harus menghadapi sejumlah situasi dengan lebih cerdas. Dalam sepak bola, kadang kala anda harus tahu cara menang dan bukan cara bermain untuk menang. Itu yang terjadi pada kami."

"Namun semua ini membuat kami lebih kuat untuk masa depan. Sebelum datang ke Barcelona, saya menyadari bahwa musim pertama bisa lebih sulit dari semestinya."

"Kami sedang dalam proses membangun kembali, yang membutuhkan waktu. Kami harus lebih sabar."

Baca juga: Suara Kecewa Lewandowski Usai Barcelona Terlempar dari Liga Champions

Dia pun menegaskan, apa yang dialami Barcelona dalam beberapa tahun terakhir membuat mereka harus bangkit secara perlahan. Tidak ada yang berubah secara instan dan drastis.

"Anda tidak bisa mengharapkan semuanya berubah hanya dalam sebulan. Ini membutuhkan waktu dan saya yakin kami akan berkembang dan bahkan kembali menjadi yang terbaik," ujarnya.

Barca akan melakoni matchday terakhir Grup C pada Rabu (2/11/2022) dini hari WIB di kandang Viktoria Plzen. Laga ini tak lagi menentukan karena mereka sudah dipastikan gagal ke 16 besar Liga Champions dan meraih tiket Liga Europa.

Lewandowski, yang digaet dari Bayern pada musim panas 2022, tak masuk skuad karena dalam kondisi tak bugar. Dia mengalami masalah di punggung sehingga diistirahatkan.

Gagal melanjutkan kiprahnya di Liga Champions, Lewandowski dan rekan-rekannya mengalihkan fokus ke kompetisi domestik, LaLiga Spanyol.

Baca juga: Top Skor Liga Spanyol, Robert Lewandowski Perkasa di Puncak

Mereka sedang bersaing ketat dengan sang rival abadi, Real Madrid.

Saat ini Real Madrid memimpin klasemen sementara kompetisi kasta tertinggi Liga Spanyol tersebut. El Real mengumpulkan total 32 poin dari 12 laga, unggul satu angka atas Barca di peringkat kedua.

Klasemen Liga Spanyol

No Klub D M S K -/+ P
1
Real Madrid
12 10 2 0 19 32
2
Barcelona
12 10 1 1 25 31
3
Atlético Madrid
12 7 2 3 8 23
4
Real Betis
12 7 2 3 8 23
5
Real Sociedad
12 7 1 4 1 22
Klasemen selengkapnya

Keterangan:
No: Peringkat
D: Dimainkan
M: Menang
S: Seri
K: Kalah
-/+: Selisih Gol
P: Poin
*Update terakhir Senin (31/10/2022) pukul 04:56 WIB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Marca
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com