Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2022, 17:00 WIB
Jason Timothy Yudha ,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) memberikan kesempatan kepada talenta muda Indonesia berusia 12 tahun untuk mencoba atmosfer pertandingan level internasional di Barcelona.

Para talenta yang diberikan kesempatan emas tersebut merupakan pemain terbaik hasil pantauan tim talent scouting mereka dan NYXS selama NYXS BLiSPI Cup di Sentul bulan depan.

NYXS merupakan platform web3 olahraga yang bertujuan menghubungkan komunitas fandom dengan atlet muda dengan inisiatif dampak sosial.

Rencana besar BLiSPI tersebut dijelaskan pada acara penandatanganan kerja sama antara NYXS dengan BLiSPI di Jakarta, Sabtu sore (15/10/2022).

Baca juga: Aremania Gelar Aksi Damai Demo Diam

Pihak-pihak yang hadir dalam acara tersebut adalah CEO NYXS Tony Kim, Panitia Pelaksana NYXC BLiSPI Cup Bagja Suihan, Direktur ASEAN NYXS Khairul Asyraf, pendiri BLiSPI Teguh Rahardjo, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, dan Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta.

Selain itu, perwakilan BLiSPI dari 34 provinsi juga menghadiri acara tersebut.

"Program Road to Barcelona ini adalah kali pertama dilakukan BLiSPI setelah 10 tahun berjalan. Ini patut disyukuri karena tujuan kami adalah membantu pesepakbola muda untuk bisa mengembangkan bakatnya di sepak bola," ujar Bagja.

"Dengan bermain di Barcelona, mereka akan belajar banyak bagaimana melawan pesepak bola dari negara lain. Seperti dari Academy Barcelona, PSG, Valencia, Real Madrid dan lainnya. Ini semacam ajang piala dunianya U12," kata Panitia Pelaksana NYXC BLiSPI Cup tersebut.

Baca juga: Kritik buat Ronaldo Usai Pergi Sebelum Laga Rampung: Sulit Diterima, Mengecewakan...

"Karena ini program spektakuler, tidak sembarang pemain yang ambil bagian," lanjutnya.

Program Road to Barcelona tersebut diikuti pemain muda dengan kelahiran 2010-2011 dan diawali Seri Provinsi pada 21 Oktober-5 November.

Para juara dari masing-masing provinsi akan lanjut ke Seri Nasional yang digelar pada 10-12 November 20222 di Sentul.

Sepanjang Seri Nasional, akan terdapat talent scouting lokal dari BLiSPI dan scouting asal Spanyol dari NYXS yang akan memilih 12 pemain untuk dibawa ke Barcelona. 

Para pemain tersebut nantinya akan bersaing di TicTac Cup pada 13-19 Desember 2022.

Baca juga: Aji Santoso: Stadion yang Tidak Layak Jangan Lolos Verifikasi

"Sebelum ke Barcelona nanti anak-anak akan training camp dulu. Training camp dilaksanakan seminggu setelah Seri Nasional usai," ungkap Bagja.

CEO NYXS Tony Kim mengungkapkan bahwa kesempatan bermain di Barcelona dinilai bagus untuk anak usia muda. Hal tersebut dikarenakan akan banyak akademi terbaik di dunia yang terlibat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com