Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zidane Ungkap Rahasia Benzema Bisa Jadi Pemain Terbaik Dunia

Kompas.com - 20/10/2022, 16:40 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

Sumber Marca

KOMPAS.com - Mantan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, berbicara soal keberhasilan Karim Benzema meraih penghargaan Ballon d'Or 2022.

Legenda sepak bola Perancis ini mengatakan, dirinya dan Karim Benzema memiliki beberapa kesamaan dan hubungan kuat lebih dari sekadar antara pelatih dan pemain.

Benzema berhasil memenangkan trofi Ballon d'Or 2022 sebagai pemain terbaik di dunia. Trofi itu diraih karena Benzema menjalani musim 2021-2022 penuh kesuksesan bersama Real Madrid dan timnas Perancis.

Zinedine Zidane pernah bekerja sama dengan Benzema ketika ia menukangi Real Madrid dalam dua periode pada tahun 2016-2018 dan 2019-2021.

Kerja sama antara Zidane dan Benzema di Real Madrid tersebut membuahkan tiga gelar juara Liga Champions dan dua gelar juara Liga Spanyol.

Zidane, yang menjadi pemenang Ballon d'Or terakhir asal Perancis sebelum Benzema, memberikan pujian kepada mantan rekan kerjanya tersebut.

Baca juga: Karim Benzema Raih Ballon dOr 2022, Menapaki Jejak Maestro dan Sang Fenomena

"Saya sudah seperti seorang kakak untuk Karim, seperti itulah kami memanggil diri kami masing-masing: kakak dan adik," ujar Zidane dalam wawancaranya bersama L'Equipe.

"Kami kurang lebih datang dari latar belakang yang sama. Dia (Benzema) dari Lyon, saya dari Marseille."

"Kami tumbuh di lingkungan yang tidak mudah bagi kami pada awalnya," kata legenda Real Madrid tersebut.

"Kami adalah pemuda sederhana dari pinggiran kota yang punya mimpi menjadi pemain sepak bola profesional dan kami mewujudkannya lewat kerja keras."

Baca juga: Komposisi Talenta Benzema Menuju Ballon dOr: Ada Campuran Ronaldo dan Zidane

Karier Benzema di Real Madrid tidak selalu mulus. Zidane mengungkapkan bahwa ada kesulitan yang dialami Benzema pada awal kariernya di Santiago Bernabeu.

Penyerang timnas Perancis tersebut datang ke Los Blancos, julukan Real Madrid, pada 2009 saat masih berusia 22 tahun. Dia datang bersama dengan dua bintang lainnya yaitu Cristiano Ronaldo dan Kaka.

"Walaupun banyak kritik dan tekanan besar di klub (Real Madrid) seperti ini, dia (Benzema) tidak pernah patah semangat, dia sangat kuat," kata Zidane.

"Itulah yang saya suka darinya. Dia tidak pernah menyerah. Dia membiarkan orang-orang berbicara dan hari ini, rekor dan aksinya di lapangan yang membalasnya," tambah Zidane.

Baca juga: Benzema Targetkan Pensiun sebagai Pemain Real Madrid

Zidane juga telah menganggap mantan anak asuhnya di Real Madrid tersebut sebagai legenda klub setelah apa yang telah Benzema capai.

Menurut Zidane, Benzema juga memberi pengaruh yang baik pada rekan setimnya walaupun ketika ia tidak mencetak gol sebagai seorang penyerang.

"Dia telah menjadi legenda klub (Real Madrid), dia meraih hal-hal yang luar biasa dan akan selalu diingat dalam waktu yang lama," ujar pria asal Perancis tersebut.

"Saya bahagia untuknya karena dia layak meraih apa yang ia menangkan. Dia selalu percaya diri walaupun banyak orang bilang 'Karim (Benzema), dia tidak mencetak cukup banyak gol untuk menjadi seorang pemain nomor 9."

"Dan itu tidak adil, karena ketika ia tidak mencetak gol, ia selalu membuat pemain di sekitarnya bermain lebih baik," tambah Zidane.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Marca
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com