Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liverpool Vs Man City: Jangan Cuma Fokus kepada Haaland!

Kompas.com - 15/10/2022, 05:30 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber ANT, AFP

KOMPAS.com - Dua raksasa Liga Inggris akan beradu kekuatan pada pekan ke-10 Premier League, Minggu (16/10/2022). Liverpool bertemu Manchester City di Anfield.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, mengingatkan timnya menjelang bigmatch ini. Sang pelatih mengatakan bahwa timnya tidak boleh terlalu fokus pada Erling Haaland.

Menurut mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut, Manchester City masih memiliki pemain lain yang pun berpotensi menghabiskan The Reds, julukan Liverpool.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris: Liverpool vs Man City, Man United vs Newcastle

"Seperti biasa, ketika Anda bermain melawan penyerang terbaik di dunia, Anda harus memastikan dia tidak mendapatkan banyak bola," ujar Klopp dikutip dari AFP, Jumat (15/10/2022).

"Namun masalahnya ketika melawan Man City, apabila Anda menutup Haaland dengan terlalu banyak pemain, maka Anda membuka celah untuk semua pemain kelas dunia lainnya sehingga tidak akan membuat hidup lebih mudah."

Terlepas dari apa yang dikatakan pelatih asal Jerman itu, Haaland sudah memperlihatkan kapasitasnya sebagai striker paling berbahaya di Liga Inggris musim 2022-23 ini.

Pemain 22 tahun asal Norwegia itu tampil sangat impresif sejak datang ke Stadion Etihad pada Juli 2022. Sudah 20 gol dia hasilkan hanya dalam 13 pertandingan lintas kompetisi.

Rinciannya, 15 gol Premier League yang menempatkannya di puncak daftar top skor kompetisi tertinggi Liga Inggris, tiga gol Liga Champions dan satu di pentas Community Shield.

Baca juga: Liverpool Vs Man City, Satu Cara Hentikan Erling Haaland

Ini yang membuat Man City di atas angin dan berada di jalur perburuan gelar juara Premier League. Pasukan Pep Guardiola menempati peringkat kedua klasemen sementara dengan torehan 23 poin dari sembilan laga, tertinggal satu angka dari Arsenal di puncak.

Sementara itu, Liverpool dalam performa yang sebaliknya. Pasukan Klopp ini baru mengemas dua kemenangan dari delapan laga, yang membuat mereka berada di peringkat ke-10 dengan koleksi 10 poin.

Produktivitas gol pun terbilang jomplang. Man City sudah menghasilkan 33 gol di mana hampir separuhnya kontribusi Haaland, sedangkan Liverpool baru 20 kali menjebol gawang lawan.

Meski demikian, Liverpool memiliki catatan yang cukup bagus jika menghadapi Haaland. Itu termasuk ketika mereka membungkam The Citizens, julukan Man City, pada Community Shield 2022.

Baca juga: Liverpool Vs Man City, Cara De Bruyne Tatap Laga Lawan The Reds

Sebelumnya, The Reds dua kali melawan pemain tersebut di ajang Liga Champions 2019 ketika dia masih membela RB Salzburg. Kala itu, Haaland masih berusia 19 tahun.

Akan tetapi, kali ini Haaland mendapat dukungan dari sejumlah pemain top Man City. Klopp harus menyiapkan strategi jitu sehingga bisa meraih kemenangan sekaligus menjadi momen kebangkitan pasukan Anfield.

"Ini tantangan, masalah sepak bola, tetapi kami mencoba menemukan solusi," ungkap Klopp.

"Secara fisik dia menetapkan standar baru, kombinasi fisik dan teknik. Orientasinya di lapangan luar biasa. Dia selalu tahu di mana celah yang menentukan dan nyaris tidak offside karena begitu banyak hal untuk menjadi seorang striker."

"Haaland mendapatkan dukungan dari beberapa pemain terbaik di dunia dalam membangun serangan dan menemukan momen yang tepat untuk melepaskan umpan."

Klopp mengakui, pemain-pemain seperti Kevin De Bruyne, Ilkay Goendogan, Bernardo Silva, Phil Foden dan Riyad Mahrez harus tetap menjadi perhatian. Ini yang membuatnya tak ingin Liverpool terlalu fokus kepada Haaland.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANT, AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com