Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Persib Latihan Lagi meski Jadwal Lanjutan Liga 1 2022-23 Belum Jelas

Kompas.com - 10/10/2022, 23:00 WIB
Adil Nursalam,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persib Bandung kembali menggelar latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Senin (10/10/2022) petang.

Anak-anak asuhan Luis Milla itu baru saja menjalani libur tiga hari setelah Kompetisi Liga 1 2022-2023 dihentikan sementara akibat tragedi Kanjuruhan.

Persib masih akan menjalani latihan rutin, meski jadwal lanjutan kompetisi Liga 1 2022-23 masih menjadi tanda tanya.

Luis Milla akan memantau dinamika kondisi atau performa pemain dengan memberikan intensitas latihan yang akan disesuaikan selama empat hari ini.

Baca juga: Mental Pulih Usai Tragedi Kanjuruhan, Daisuke Sato Kembali bersama Persib

“Hari pertama setelah libur tiga hari, kami memulainya dengan memantau dinamika dari latihan pemain,” kata Milla.

“Rencananya kami akan menggelar latihan selama empat hari pekan ini dengan intensitas dan membuat mereka berlatih dengan bagus,” paparnya.

Lebih lanjut pelatih asal Spanyol itu memaparkan alasannya terus menggenjot pemain Persib.

Pasalnya mereka harus mempertahankan level kebugaran yang sudah ditingkatkan selama tiga pekan terakhir sejak jeda kompetisi karena FIFA Matchday.

Penundaan pertandingan ini membuat Milla harus rela timnya kehilangan momentum bagus. Padahal, mereka sedang dalam performa meningkat.

“Mereka bekerja dengan intensitas yang bagus dan ini program yang kami lakukan. Kami belum bisa memulai kompetisi tapi mereka  harus melanjutkan latihan terutama dalam memperbaiki kondisi fisik,” ungkapnya.

Baca juga: Menpora: Suporter Arema, Persebaya, Persib, Persija Komitmen Perbaiki Ekosistem Sepak Bola Tanah Air

Penghentian kompetisi sebenarnya menyulitkan bagi setiap pelatih dalam menjalankan program latihan. 

Mereka juga tidak tahu kapan kompetisi bergulir lagi. Namun Milla senang dengan respons dan sikap yang ditunjukkan pemain karena mereka tetap bersemangat dan bekerja keras.

Jika suasana seperti ini berlanjut, Milla meyakini pemainnya sudah siap bertanding andai Liga 1 dilanjutkan pekan depan.

“Jujur ini menjadi kesulitan bagi kami. Tapi saya merasa senang terhadap implikasi dari pemain ketika berlatih dan juga sikap yang mereka tunjukan,” ungkap Milla. 

“Hari ini sebagai contohnya, mereka melakukan tugas dengan baik dan mungkin di bulan depan mereka sudah siap untuk berkompetisi lagi,” prediksinya.

Baca juga: Pemain Persib Dukung Saran FIFA demi Sepak Bola Indonesia Lebih Baik

Milla pun mempunyai target yang dibebankan kepada pemain. Setiap individu harus memperlihatkan sikap semangat dan kerja keras yang konsisten dalam setiap latihan.

“Tapi di bulan ini saya menuntut pemain tetap memiliki semangat dan sikap yang sama. Memang kami tidak bertanding tapi saya butuh keterlibatan dari pemain (dalam latihan),” urainya.

Memang, sejak ada Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022, kompetisi dihentikan untuk sementara waktu. Sejauh ini belum ada kepastian kapan bergulir kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com