Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsene Wenger Yakin Arsenal Bisa Akhiri Penantian 19 Tahun Juara Premier League

Kompas.com - 25/09/2022, 12:20 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, berbicara soal peluang juara tim London tersebut.

Dia mengakui, Arsenal di jalur yang tepat untuk mengakhiri penantian meraih gelar juara Premier Inggris musim 20220-23.

Arsenal termasuk tim elite Premier League. Tim berjulukan The Gunners itu sudah 13 kali mengangkat trofi kasta tertinggi Liga Inggris tersebut.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Suara Gabriel Jesus yang Tampil Mantap di Arsenal tapi Tak Dipanggil Brasil

Namun, Meriam London sudah sangat lama puasa gelar juara karena kali terakhir mereka juara Premier League musim 2003-04. Artinya, Arsenal paceklik gelar juara selama 19 tahun. 

Musim ini, Arsenal memulai kampanye juara dengan performa yang menjanjikan. Tim besutan Mikel Arteta tersebut memimpin klasemen dengan koleksi 18 poin dari tujuh laga yang sudah dimainkan.

Dari tujuh pekan tersebut, Arsenal membukukan enam kemenangan dan sekali kalah. Mereka unggul satu angka atas Manchester City dan Tottenham Hotspur di peringkat kedua.

Fakta ini membuat Arsene Wenger optimistis The Gunners berpotensi juara. Apalagi, tidak ada tim yang dominan pada awal musim 2022-23.

"Saya akan mengatakan mereka (Arsenal) memiliki peluang bagus musim ini karena saya tidak melihat tim yang sangat dominan," ujar Wenger, yang melatih Arsenal antara 1996-2018, kepada Sky Sports, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Alan Shearer: Arsenal Berbeda, tetapi Bukan Kandidat Juara

"Saya percaya sekarang adalah kesempatan bagus untuk melakukannya musim ini."

Menurut Wenger, ada sedikit perbedaan dalam Premier League musim ini. Piala Dunia 2022 berlangsung pada pertengahan musim sehingga ada jeda.

"Tentu saja, musim ini spesial karena Anda memiliki Piala Dunia di tengahnya dan Anda tidak tahu seberapa besar pengaruhnya terhadap penampilan individu pemain dan tim," tambah The Professor, julukan Wenger.

"Secara keseluruhan, saya percaya ada peluang bagus (untuk Arsenal) musim ini," tambah sosok asal Perancis yang merupakan Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA.

Saat ini, kompetisi sedang istirahat lantaran ada FIFA Matchday. Arsenal akan kembali melanjutkan perjuangannya ketika melakoni derby London Utara melawan Tottenham pada Sabtu 1 Oktober 2022.

Baca juga: Alasan Mikel Arteta Beri Debut Remaja 15 Tahun di Arsenal

Laga ini belum bisa jadi tolak ukur siapa yang juara Premier League 2022-23. Tetapi ada gengsi tim London dan sangat berpengaruh terhadap perubahan di papan atas klasemen.

Arsenal harus menang supaya bisa menjauh dari kejaran sang rival. Tetapi jika sebaliknya, Arsenal justru lengser dari posisi puncak yang sudah ditempati sejak pekan pertama.

Klasemen Liga Inggris

No Klub D M S K -/+ P
1
Arsenal
7 6 0 1 10 18
2
Man City
7 5 2 0 17 17
3
Tottenham
7 5 2 0 11 17
4
Brighton
6 4 1 1 6 13
5
Man United
6 4 0 2 0 12
Klasemen selengkapnya

Keterangan:
No: Peringkat
D: Dimainkan
M: Menang
S: Seri
K: Kalah
-/+: Selisih Gol
P: Poin
*Update terakhir Senin (19/09/2022) pukul 00:57 WIB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com