Kompas.com - 20/09/2022, 23:20 WIB

KOMPAS.com - PSM Makassar menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan hingga pekan ke-10 Liga 1 2022-2023.

Tim berjulukan Juku Eja ini meraih enam kemenangan dan seri tiga kali dalam sembilan laga yang sudah dijalani.

Penampilan impresif ini tidak pernah dibayangkan. Apalagi jika merujuk pada penampilan musim lalu, PSM lebih sering berkutat di papan tengah sampai bawah.

Namun, sejak Bernardo Tavares menjadi pelatih pada awal musim 2022-2023, Juku Eja menunjukkan peningkatan yang begitu pesat.

Baca juga: Perolehan Poin PSM Makassar Jauh Lebih Perkasa Ketimbang Musim Lalu

Sang pelatih menjelaskan bahwa tidak ada rahasia atau cara khusus untuk bisa terhindar dari kekalahan. Satu-satunya hal yang bisa dijelaskannya adalah kerja keras pemain di lapangan.

"Tidak ada rahasia. Hasil ini semua yang kami dapatkan adalah soal pemain. Pemain menunjukkan sikap lapar kemenangan pada setiap pertandingan. Selain itu, kami menang dan kalah bersama-sama," ucap pelatih asal Portugal itu.

Walaupun sementara ini laju PSM belum terbendung, Bernardo Tavares tidak terlalu naif.

Menurutnya, pada akhirnya nanti PSM akan mengalami kekalahan, entah itu di pekan ke berapa, siapa atau melawan apa.

Oleh sebab itu, ia meminta pemain terus fokus dalam latihan. Hal yang diharapkannya adalah menjaga mentalitas untuk terus memperbaiki diri dan rasa tidak pernah puas.

"Pada akhirnya kami pasti akan kalah. Entah itu dalam pertandingan selanjutnya atau di pertandingan terakhir. Saya harap pemain bisa selalu fokus di latihan, tidak hanya berpikir untuk satu pertandingan saja," harapnya.

Baca juga: Tiga Catatan Emas PSM Makassar hingga Pekan Ke-9 Liga 1

Penampilan PSM ini pun sejatinya tidak hanya berlangsung di liga domestik.

Di kancah kompetisi Asia selevel AFC Cup 2022, PSM juga sempat berbicara banyak saat menapakkan kaki hingga final zona ASEAN. Sayang, langkah mereka terhenti di babak tersebut.

Starting eleven PSM Makassar saat pertandingan pekan ke-8 Liga 1 2022-2023 melawan Persik Kediri yang berakhir dengan skor 0-0 di Stadion Brawijaya Kediri, Jumat (2/9/2022) malam.Dokumentasi PSM Makassar Starting eleven PSM Makassar saat pertandingan pekan ke-8 Liga 1 2022-2023 melawan Persik Kediri yang berakhir dengan skor 0-0 di Stadion Brawijaya Kediri, Jumat (2/9/2022) malam.

Praktis saat ini Ramadhan Sananta dkk bisa fokus sepenuhnya menghadapi Liga 1 2022-2023. Kompetisi masih panjang untuk melihat di posisi mana PSM akan bertahan.

Untuk bisa mempertahankan penampilan yang konsisten ini, Bernardo Tavares meminta pemain tidak menurunkan standar seperti yang sudah dilakukan sejak saat ini.

"Intinya saya ingin pemain fokus di latihan supaya tetap konsisten. Jika pemain menunjukkan penampilan seperti ini terus, saya akan senang," pungkas pelatih berlisensi UEFA Pro.

Sejatinya, Liga 1 2022-23 sudah memainkan pertandingan ke-10. Tetapi PSM baru sembilan kali bermain karena mereka sempat tampil dalam Piala AFC 2022, sehingga laga melawan Barito Putera harus dijadwal ulang.

Klasemen Liga Indonesia

No Klub D M S K -/+ P
1
Madura United
10 7 2 1 14 23
2
PSM
9 6 3 0 12 21
3
Bali United
10 7 0 3 10 21
4
Persija Jakarta
10 6 3 1 7 21
5
Borneo
10 6 2 2 9 20
Klasemen selengkapnya

Keterangan:
No: Peringkat
D: Dimainkan
M: Menang
S: Seri
K: Kalah
-/+: Selisih Gol
P: Poin
*Update terakhir Minggu (18/09/2022) pukul 22:08 WIB

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.