Kompas.com - 20/09/2022, 04:45 WIB

KOMPAS.com - FIFA selaku induk sepak bola dunia memberikan apresiasi saat meninjau langsung Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya yang merupakan salah satu venue Piala Dunia U20 2023.

Berdasarkan keterangan tertulis Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, perwakilan FIFA telah melakukan inspeksi ke Stadion GBT pada Minggu (18/9/2022).

Selama proses inspeksi, perwakilan FIFA disebut mengapresiasi beberapa hal, salah satunya akses jalan menuju Stadion GBT.

"Mereka kaget karena ada jalur yang dari tol, baik jalur yang dari Pelindo, juga jalur dari JLLB (Jalur Lingkar Luar Barat)," kata Eri Cahyadi, dikutip dari Antara News.

Baca juga: Piala Dunia U20 2023, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah yang Baik

"Mereka mengatakan ini sebenarnya 7 bulan, 8 bulan dari waktu sidak pertama, tapi sekarang sudah selesai," ujar Eri Cahyadi.

Stadion Gelora Bung Tomo SurabayaKOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

Selain itu, perwakilan FIFA juga memastikan informasi tentang aroma kurang sedap yang tercium di Stadion GBT akibat bau sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

Setelah mengecek langsung, perwakilan FIFA disebut tidak mencium aroma apa pun.

"Jadi, FIFA melihat langsung dan sampai mendekati sampah itu, tapi ternyata mereka juga kaget karena tidak ada bau. Tidak ada aroma kurang sedap itu," ucap Eri.

Baca juga: Menuju Piala Dunia U20 2023, Masalah Rumput dan Sampah Jadi Perhatian

"Mereka kemudian tanya apa saja yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya, ya saya jawab apa adanya. Alhamdulillah mereka menyampaikan sangat happy dan merasa luar bisa dengan Kota Surabaya," imbuhnya.

Dalam kunjungannya ke Stadion GBT, perwakilan FIFA tak lupa masuk ke ruang ganti, lapangan, mengecek rumput, dan fasilitas lainnya.

Eri Cahyadi mengatakan bahwa ke depannya, Stadion GBT akan terus menjadi tempat pertandingan berskala nasional maupun internasional.

"Insya Allah ke depan GBT Akan menjadi salah satu base camp-nya pertandingan Garuda, Bangsa Indonesia, dan PSSI," tutur Eri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.