Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualifikasi Piala Asia U20 2023, Shin Tae-yong Minta Timnas U20 Siaga Penuh

Kompas.com - 13/09/2022, 19:14 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Rangkaian pertandingan babak Grup F Kualifikasi Piala Asia U20 2023 dimulai. Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (13/9/2022) pukul 20.00 WIB.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyongsong pertandingan tersebut dengan kewaspadaan penuh.

Baca juga: 6 Pemain Dipulangkan Shin Tae-yong dari Timnas U19 Indonesia, Siapa Saja?

Baginya, pertandingan nanti adalah kali pertamanya melawan Timor Leste di kompetisi kelompok usia.

Sebelumnya ia sudah pernah melawan tim berjuluk The Lafaek di FIFA Match Day pada Januari lalu, namun itu pertandingan antar tim senior.

Pelatih asal Korea Selatan itu menjadikan fase grup AFF Cup U19 Juli 2022 lalu menjadi tolak ukur kekuatan Timor Leste.

Pada saat itu Timor Leste kalah 0-2 dari Laos, menang 1-0 dari Singapura, kalah 3-4 dari Malaysia, dan menang 4-1 atas Kamboja.

Catatan lainnya mereka mampu mengimbangi permainan tim-tim favorit seperti Singapura dan Malaysia.

Berdasarkan pengamatan di Piala AFF U19 2022 lalu, Shin Tae-yong menyimpulkan tidak akan mudah untuk memetik kemenangan dari Timor Leste.

“Timor Leste makin menjadi baik timnya dengan melihat atau menontonTimor Leste yang sudah hadir terakhir di AFF kemarin,” terang pelatih asal Korea Selatan.

Karena itu ia mewanti-wanti pemain untuk tidak terlena. Indonesia memang punya catatan apik saat berhadapan dengan Timor Leste di semua level kompetisi. Namun pada laga kali ini satu kelengahan saja bisa jadi pembeda.

Pemain Timnas Indonesia U20 latihan perdana untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U20 2023 di Lapangan Thor Surabaya, Rabu (7/9/2022) malam.Dokumentasi PSSI Pemain Timnas Indonesia U20 latihan perdana untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U20 2023 di Lapangan Thor Surabaya, Rabu (7/9/2022) malam.

“Jadi kita tidak akan lengah dan mempersiapkan diri dengan baik menghadapi Timor Leste untuk meraih kemenangan,” ucapnya.

Pantang bagi Indonesia untuk kalah maupun seri. Sebab satu-satunya peluang Tim Garuda Muda untuk melaju ke babak selanjutnya adalah menjadi juara grup.

Sebenarnya masih ada tiket lolos melalui jalur runner up terbaik, namun akan sangat sulit karena harus bersaing dengan negara Asia Barat, Asia Barat dan Asia Timur yang lebih unggul.

Selain itu Marselino Ferdinan dkk pantang kalah karena ada marwah sebagai tuan rumah yang harus dijaga.

“Sebagai home kami harus bekerja maksimal. Pastinya juga akan berusaha untuk mendapatkan prestasi dengan pesaing ketiga negara. Pasti akan bekerja maksimal dan kerja keras dengan pemain,” pungkas Shin Tae-yong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com