Kompas.com - 10/09/2022, 14:40 WIB
|

KOMPAS.com - Lionel Messi beberapa waktu lalu dianggap bertanggung jawab terhadap pencemaran lingkungan karena preferensinya bepergian memakai jet pribadi. Baru-baru ini, PSG juga dituntut untuk naik kereta.

Penyerang PSG, Lionel Messi, beberapa waktu silam mendapatkan “serangan” dari Attac, organisasi yang mengarahkan perhatian kepada isu-isu sosial dan lingkungan hidup.

Messi diprotes atas preferensinya menggunakan jet pribadi untuk bepergian.

“Dari Juni sampai Agustus, Messi melakoni 52 penerbangan dengan jetnya, menghasilkan 1.502 ton emisi CO2. Itu setara dengan yang dihasilkan satu orang Perancis selama 150 tahun,” demikian bunyi pernyataan Attac, dilansir dari France 24.

Baca juga: Neymar Buka Rahasia Start Mantap Messi di PSG

Kritik terhadap Messi tersebut muncul berdekatan dengan momen PSG bertandang ke markas Nantes pada pekan ke-6 Liga Perancis 2022-2023, 3 September 2022 lalu.

Waktu itu PSG bertolak ke Kota Nantes dari Paris dengan menggunakan pesawat terbang, persisnya Qatar Airways yang menjadi sponsor klub.

Pilihan PSG untuk terbang daripada memilih jalan darat kala itu mengundang kritik dari bos SNCF, perusahaan kereta api Perancis.

“Paris-Nantes kurang dari dua jam dengan TGV (kereta cepat Perancis),” kata bos SNCF, Alain Krakovitch.

“Saya memperbarui penawaran kami untuk penawaran TGV yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda, sejalan dengan kepentingan bersama kita, yakni keamanan, kecepatan, pelayanan, serta transportasi ramah lingkungan,” tutur Alain Krakovitch melalui Twitter.

Baca juga: Percakapan di Lorong Pemain PSG Bocor, Mbappe Jengkel: Tak Cukup Maaf

Tuntutan itu sempat direspons secara bercanda oleh pelatih PSG, Christophe Galtier, beberapa hari berselang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.