Kompas.com - 04/09/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Serangkaian keputusan kontroversial dari VAR (video assistant referee) menjadi sorotan utama pada hari pertama pekan keenam Liga Inggris 2022-2023, Sabtu (3/9/2022).

Pertandingan-pertandingan yang melibatkan Chelsea, Liverpool, dan Newcastle United akhirnya ditentukan oleh keputusan perihal VAR.

Salah satu yang mengkritik sistem VAR di Premier Leagu sekarang ini adalah pandit BBC dan mantan kapten timnas Inggris, Alan Shearer.

"Lebih dari buruk dan memalukan," ujar Sheare di acara populer Inggris, BBC Match of the Day.

"Para pemain dan manajer klub-klub Liga Inggris telah dikecewakan hari ini. Keputusan-keputusan buruk. Mereka telah berlatih keras selama seminggu penuh hanya untuk dikecawakan keputusan seperti ini."

"Tidak benar."

Berikut adalah beberapa kejadian kontroversial yang mewarnai laga-laga di Liga Inggris pada Sabtu (3/9/2022).

Everton vs Liverpool

Tekel Virgil van Dijk ke pemain Everton Amadou Onana yang tak diulas ulang oleh VAR pada laga derbi Everton vs Liverpool di Stadion Goodison Park, Sabtu (3/9/2022) malam WIB.TANGKAPAN LAYAR Tekel Virgil van Dijk ke pemain Everton Amadou Onana yang tak diulas ulang oleh VAR pada laga derbi Everton vs Liverpool di Stadion Goodison Park, Sabtu (3/9/2022) malam WIB.

Insiden pertama hari itu melibatkan salah satu insiden di laga panas Everton vs Liverpool yang tak masuk pantauan VAR sama sekali. Momen tersebut datang  kala bek Liverpool, Virgil van Dijk, tampak menginjak tulang kering pemain Everton Amadou Onana dengan telapak kaki terangkat.

Seusai laga, pelatih Everton Frank Lampard mempertanyakan kenapa hal tersebut tak diulas oleh VAR.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.