Kompas.com - 24/08/2022, 21:21 WIB

 

KYIV, KOMPAS.com - Kompetisi sepak bola di tengah berkecamuknya perang sebagai dampak invasi Rusia ke Ukraina membuat penyelenggara Liga Premier Ukraina menetapkan syarat ini.

"Semua stadion harus memiliki tempat perlindungan bom," ucap Andriy Pavelko, kepala Asosiasi Sepak Bola Ukraina, mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Untuk memulai Liga, kata Pavelko, pertandingan hanya akan dimainkan di Kyiv, wilayah sekitarnya dan dua provinsi barat dekat perbatasan.

"Tapi, jadwal itu itu mungkin berubah nanti," kata Pavelko.

Setiap kali sirene serangan udara berbunyi, kejadian sehari-hari di sebagian besar wilayah, permainan akan dihentikan agar para pemain dan ofisial pertandingan berlindung di ruang bawah tanah sampai semua aman, ucap Pavelko menerangkan.

Baca juga: Liga Premier Ukraina, Semua Stadion Harus Miliki Tempat Perlindungan Bom

Kondisi semacam itu, membuat beberapa pemain seperti gelandang Shakhtar Taras Stepanenko khawatir tentang bagaimana mereka akan menjaga otot mereka tetap hangat dalam permainan yang terputus dengan istirahat panjang.

"Akan sulit jika berlangsung lebih dari satu jam. Mungkin mereka harus menyiapkan beberapa sepeda (pelatihan) untuk kami," kata Stepanenko.

Pejabat militer akan hadir di setiap pertandingan.

Kemudian, jika sirene serangan udara berlangsung lebih dari satu jam, para pejabat militer itu akan berunding dengan wasit untuk memutuskan apakah akan menunggu atau menunda pertandingan sepenuhnya, kata Pavelko.

Pavelko mengatakan perang tidak hanya menghancurkan fasilitas, tetapi juga menghancurkan masa depan ribuan pemain sepak bola muda berbakat.

"Ini bukan hanya tentang kehilangan stadion. Ini tentang seluruh generasi pesepak bola yang tidak akan bisa berkembang," pungkas Andriy Pavelko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.