Kompas.com - 17/08/2022, 06:20 WIB

KOMPAS.com - Nama Achmad Nawir akan dikenang sebagai sosok dokter sekaligus kapten timnas Indonesia, yang dulunya bernama Hindia Belanda, di Piala Dunia 1938.

Indonesia diakui FIFA sebagai negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia, tepatnya pada edisi 1938. Kala itu, Indonesia masih dikenal sebagai Hindia Belanda.

Hindia Belanda bak mendapat durian runtuh karena lolos ke putaran final Piala Dunia 1938 tanpa melakoni satu pun pertandingan di babak kualifikasi.

Hal itu terjadi setelah satu-satunya pesaing Hindia Belanda di kualifikasi Piala Dunia 1938, Jepang, mengundurkan diri.

Jepang mundur dari babak kualifikasi karena memilih fokus berperang melawan China.

Baca juga: 100 Hari Jelang Piala Dunia 2022: Lucien Laurent Naik Kapal 15 Hari hingga Cetak Gol Pertama Piala Dunia

Perjalanan Hindia Belanda ke Piala Dunia 1938 memang terlihat mulus, tetapi kenyataanya tidak demikian. Ada konflik antarfederasi yang menyertai.

Dikutip dari Kompasiana, Rabu (17/8/2022), ada tiga asosiasi sepak bola yang sudah berdiri di Tanah Air kala itu.

Ketiganya adalah Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU) milik bangsa Belanda, Hwa Nan Voetbal Bond (HNVB) milik bangsa Tionghoa dan Persatuan Sepakraga Seluruh Indonesia (PSSI) milik pribumi

Untuk lebih muda dalam hal pengorganisasiannya, dibentuklah kerjasama antara NIVU dan PSSI dalam perjanjian Gentlemen’s Agreement pada tanggal 15 Januari 1937

Namun, dalam proses pembentukan tim yang akan dikirim ke Piala Dunia 1938, NIVU bertindak secara sepihak. Mereka mengirim tim bentukannya sendiri tanpa adanya pembicaraan lebih dulu dengan PSSI.

Baca juga: 99 Hari Jelang Piala Dunia 2022: Hector Castro, Pahlawan Satu Tangan Uruguay di Piala Dunia 1930

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.