Kompas.com - 13/08/2022, 05:00 WIB

KOMPAS.com - Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF U16 2022 tepat lima hari menjelang perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2022.

Timnas Indonesia meraih gelar juara Piala AFF U16 2022 usai mengalahkan Vietnam pada laga final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022). 

Pertandingan final Piala AFF U16 Indonesia vs Vietnam tersebut tuntas dengan skor 1-0. Satu-satunya gol Indonesia dibukukan oleh Kafiatur Rizky pada menit ke-45+1. 

Sebelum laga final, pelatih timnas U16 Indonesia Bima Sakti mengatakan bahwa kemenangan di final dan gelar juara akan menjadi hadiah HUT ke-77 RI

"Saya meminta kepada para pemain untuk memberikan yang terbaik di final karena kesempatan tidak datang dua kali," kata Bima Sakti, dilansir dari laman PSSI, 11 Agustus 2022.

Baca juga: Kata-kata Pertama Bima Sakti Usai Timnas U16 Indonesia Juara Piala AFF

"Saya berharap mereka mengukir prestasi terbaik untuk karier dan itu akan menjadi hadiah kemerdekaan bangsa Indonesia," tutur Bima Sakti melanjutkan. 

Keinginan Bima Sakti terwujud. Timnas U16 Indonesia berhasil menjadi juara Piala AFF U16 2022 sekaligus mempersembahkan hadiah untuk HUT ke-77 Republik Indonesia. 

"Tadi, saya bilang ke pemain:ini kesempatan tidak datang dua kali. Inilah momen untuk mengubah hidup kalian, momen berjuang untuk bangsa Indonesia," kata Bima Sakti. 

"Indonesia merdeka bukan karena hadiah, tetapi perjuangan. Saya bilang ke mereka para pejuang kita dulu, nyawa taruhannya," ucap Bima Sakti dalam konferensi pers usai laga final.

Baca juga: Kafiatur Rizky Usai Indonesia Juara Piala AFF U16 2022: Bangga, Merinding...

"Kalian hanya 90 menit, buat bangga bangsa Indonesia. Alhamdulillah mereka bisa lakukan," tutur Bima Sakti menambahkan. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.