Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Top Skor Piala AFF U16 2022: Nabil Asyura dan Bomber Thailand-Vietnam Teratas

Kompas.com - 09/08/2022, 12:00 WIB
Celvin Moniaga Sipahutar,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Winger timnas U16 Indonesia, Muhammad Nabil Asyura, berada di urutan teratas dalam daftar top skor Piala AFF U16 2022.

Sejauh ini, Nabil Asyura telah mengemas empat gol. Kontribusinya berperan penting dalam keberhasilan timnas U16 Indonesia ke semifinal Piala AFF U16 2022.

Pemain berpostur 176 cm itu tidak sendirian memimpin daftar top skor Piala AFF U16 2022. Tercatat, ada lima pemain lain yang juga telah mencetak empat gol.

Lima pemain itu adalah Tontawan Puntamunee (Thailand), Thanh Duc Thien (Vietnam), Alexandro Lemos (Timor Leste), Sayfon Keonhaman (Laos), dan Thanousack Nanthavongduansy (Laos).

Baca juga: Piala AFF U16 2022, Pelatih Malaysia Jagokan Timnas Indonesia

Namun, tiga nama terakhir sudah dipastikan tak bisa lagi menambah gol karena tim mereka telah gugur.

Di sisi lain, Tontawan Puntamunee dan Thanh Duc Thien bisa terus bersaing dengan Nabil Asyura. Pasalnya, Thailand dan Vietnam lolos ke semifinal.

Pada laga semifinal Piala AFF U16 2022, kedua penyerang tersebut nantinya akan saling beradu tajam dalam pertandingan Thailand vs Vietnam.

Adapun Nabil Asyura akan berupaya menunjukkan sinarnya lagi kala Indonesia menghadapi Myanmar di partai semifinal lainnya.

Baca juga: Semifinal Piala AFF U16 2022 Indonesia Vs Myanmar: Garuda Serasa Lawan Vietnam, tetapi...

Nabil Asyura sendiri selalu menjadi starter untuk Indonesia. Dia mengisi pos winger kanan sepanjang fase grup Piala AFF U16 2022.

Penampilan terbaik Nabil Asyura terjadi pada matchday kedua Grup A ketika timnas U16 Indonesia mencukur Singapura 9-0.

Saat itu, dia bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik laga atau man of the match berkat torehan hattrick.

Teranyar, pemain berusia 16 tahun itu mencetak satu gol yang membantu Garuda Asia mengalahkan Vietnam 2-1 pada matchday terakhir Grup A.

Baca juga: Jadwal Semifinal Piala AFF U16 2022: Indonesia Vs Myanmar, Thailand Vs Vietnam

Kemenangan itulah yang memastikan langkah Indonesia ke semifinal sebagai juara Grup A.

Di urutan kedua daftar top skor Piala AFF U16 2022, ada gelandang Vietnam, Hoang Cong Hau, yang telah menorehkan tiga gol.

Sementara itu, dua pilar Indonesia yaitu Arkhan Kaka dan Kafiatur Rizky telah mencetak dua gol bersama sejumlah pemain lainnya.

Top Skor Piala AFF U16 2022:

  • 4 Gol - Nabil Asyura (Indonesia), Tontawan Puntamunee (Thailand), Thanousack Nanthavongdouansy (Laos), Sayfon Keohanam (Laos), Phan Thanh Duc Thien (Vietnam), Alexandro Lemos (Timor Leste)
  • 3 Gol - Hoang Cong Hau (Vietnam)
  • 2 Gol - Arkhan Kaka (Indonesia), Kafiatur Rizky (Indonesia), Ayman Gulasi (Australia), Max Hately (Australia), Sou Menghong (Kamboja), Xayxana Sihalath (Laos), Faris Mohd Asrul (Malaysia), Muhammad Anjasmirza Saharuddin (Malaysia), Jirapol Saelio (Thailand), Norbert Mota Goncalves (Timor Leste)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com