Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala AFF U16 2022 Indonesia Vs Filipina, Bima Sakti: Pep Guardiola pun Tidak Bisa...

Kompas.com - 30/07/2022, 17:20 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas U16 Indonesia, Bima Sakti, menyinggung Pep Guardiola saat ditanya soal prediksi skor melawan Filipina di di Piala AFF U16 2022

Timnas U16 Indonesia yang tergabung di Grup A Piala AFF U16 2022 akan mengawali perjuangan dengan melawan Filipina, Minggu (31/7/2022). 

Pertandingan Indonesia vs Filipina dijadwalkan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pukul 20.00 WIB. 

Menjelang laga, Bima Sakti mengingatkan kepada para pemainnya untuk tidak meremehkan semua lawan. Selain Filipina, ada Vietnam dan Singapura juga di Grup A Piala AFF U16 2022. 

Baca juga: Piala AFF U16 2022: Alami Kemajuan, Timnas Indonesia Siap Tempur

"Saya belum mendapat video Filipina, tetapi kami tetap mengantisipasi. Tidak boleh menganggap remeh lawan," kata Bima Sakti.

"Di Grup A semuanya berat. Bukan hanya Vietnam atau Singapura, Filipina juga harus diwaspadai," ucap Bima Sakti saat ditemui di Hotel The Rich, Yogyakarta, Sabtu (30/7/2022).

"Saya selalu ingatkan kepada pemain setiap pertandingan adalah penting. Itu laga hidup mati kami," katanya menambahkan. 

"Kami ingin fokus dan memaksimalkan setiap pertandingan, baru mempersiapkan laga berikutnya," tutur Bima Sakti melanjutkan. 

Baca juga: Piala AFF U16 2022, Vietnam Sebut Indonesia Lawan Paling Menyulitkan

Bima Sakti pun menargetkan timnas U16 Indonesia memetik kemenangan atas Filipina. Namun, dia juga tidak bisa memprediksi hasil akhir pertandingan. 

Dia mengatakan, tidak ada pelatih di dunia yang bisa memastikan kemenangan, sekali pun dia adalah Pep Guardiola. 

"Target pasti ingin menang, tetapi kan harus dengan proses yang benar. Harus respek dengan semua tim. Respek dalam artian menang dengan sportif," kata Bima Sakti. 

"Kalau itu (prediksi skor kemenangan) tidak. Di dunia mana pun, tidak ada pelatih yang bisa menentukan kemenangan. Pep Guardiola pun tidak bisa. Buktinya dia sampai sekarang belum bisa juara Liga Champions di Man City," ucap Bima Sakti.

"Yang penting kami berusaha. Pelatih hanya bisa meramu tim menjadi bagus dan solid. Untuk kemenangan, tidak ada yang bisa menentukan kecuali Allah," ujar Bima Sakti. 

Sementara itu, Bima Sakti mengungkapkan seluruh pemainnya dalam kondisi fit untuk mengarungi turnamen Piala AFF U16 2022. 

"Alhamdulillah tidak ada yang cedera, semua pemain dalam kondisi fit," kata Bima Sakti. 

"Kemarin sempat ada dua, Ibnu (centre back) dan kiper, tetapi alhamdulillah hari ini sudah ikut latihan semuanya," tuturnya.

"Semua pemain siap untuk melakukan pertandingan besok melawan Filipina," ujar Bima Sakti menambahkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com