Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali United Vs Persija Jakarta, Tekad Merusak Debut Thomas Doll

Kompas.com - 22/07/2022, 17:00 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

GIANYAR, KOMPAS.com - Laga pembuka Liga 1 2022-2023 antara Bali United vs Persija Jakarta mendapat sorotan banyak pihak.

Pertandingan Bali United vs Persija digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (23/7/2022) malam. 

Laga Bali United vs Persija akan mempertemukan dua tim yang sangat dinanti performanya.

Baca juga: Bali United Vs Persija, Macan Kemayoran Tak Pusingkan Rekor Pertemuan di Liga 1

Bali United adalah juara bertahan, sekaligus tim pertama sepanjang sejarah yang berhasil juara dua kali beruntun di Liga 1.

Sedangkan Persija Jakarta adalah tim lawas yang kini menyongsong musim 2022/2023 dengan kekuatan baru dan lebih segar di bawah arahan pelatih Thomas Doll.

Pelatih Bali United Stefano Cugurra mengaku sudah kenal dengan sosok pelatih asal Jerman tersebut.

Menurutnya, pengalaman pelatih yang akan jadi lawannya itu tergolong bagus karena pernah melatih raksasa Bundesliga, Borussia Dortmund.

Namun ia tidak menganggapnya sebagai ancaman yang berarti.

Sedikit pun, pelatih yang sudah tiga kali juara Liga 1 dengan dua tim berbeda itu tidak gentar untuk menghadapi laga perdana nanti.

"Saya sudah tahu CV dia. Dia sangat bagus dari negaranya. Dia sudah pernah melatih tim besar di negaranya. Saya sebagai pelatih, memberikan respect. Tapi respect saya tidak hanya kepada pelatih yang punya CV bagus, tetapi juga kepada pelatih yang baru pegang tim," ujar pelatih yang akrab disapa Teco.

Stefano Cugurra tahu, klub sebesar Persija Jakarta selalu memiliki pelatih dan pemain yang berkualitas.

Setidaknya, dia pernah merasakannya sendiri saat membawa Persija Jakarta juara Liga 1 2018 lalu.

Hal yang sama dianggapnya dapat dilakukan Thomas Doll dan pemain asing yang kenyang pengalaman di Eropa.

Meskipun begitu, ia menekankan bahwa kini komitmennya ada pada Bali United dan siap mengalahkan siapapun yang menjadi lawan.

"Saya sudah pernah punya prestasi di Persija. Jadi Persija adalah bagian dari hidup saya, saya akan respect dengan mereka. Tapi saya berada di lingkungan profesional. Saya sekarang dikontrak oleh Bali United. Jadi besok saya harus bawa tim ini menang," katanya.

Sementara itu, Stefano Cugurra sendiri belum lama ini baru pulang ke Indonesia.

Lebih dari seminggu terakhir ia menjalani kursus kepelatihan CBF Pro di Brasil. Jadi selama ia tidak di Indonesia, latihan rutin tim berjuluk Serdadu Tridatu dipegang oleh asisten pelatih.

Ia menjelaskan bahwa persiapan berjalan lancar dan maksimal karena setiap hari mengontrol serta memantau latihan rutin tim dari Brasil.

Pemain Persija Jakarta Maman Abdurrahman (tengah) menjaga Pemain Bali United Ebber Bessa saat pertandingan pekan 29 Liga 1 2021-2022 yang berakhir dengan skor 2-1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Minggu (6/3/20222) malam.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Persija Jakarta Maman Abdurrahman (tengah) menjaga Pemain Bali United Ebber Bessa saat pertandingan pekan 29 Liga 1 2021-2022 yang berakhir dengan skor 2-1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Minggu (6/3/20222) malam.

"Selama saya ambil kursus CBF Pro di negara saya, asisten pelatih yang pegang tim di latihan. Saya dapat laporan bahwa semua pemain sudah kerja sangat keras di latihan. Jadi kami sangat siap untuk lawan Persija," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com