Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Falsafah Jawa Kuno Perkuat Seragam Tempur Arema di Liga 1 2022-2023

Kompas.com - 21/07/2022, 18:20 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Arema FC merilis seragam tempur Johan Ahmad Farizi dkk untuk mengarungi Liga 1 2022-2023.

Jersey tersebut diperkenalkan kepada publik bersamaan dengan kegiatan launching tim di Stadion Gajayana Malang, Rabu (20/7/2022) malam.

Desain jersey baru Arema FC mengusung tema Land of The Fighter atau Trilogi Tanah Para Kesatria. Menariknya jersey ini mengandung falsafah Jawa Kuno, Urip Urap Urup yang terinspirasi dari sinergi dengan alam dan kekuatan naluri manusia.

“Jersey baru tim ini benar-benar memiliki karakter yang kuat. Jersey yang kita perkenalkan tak hanya menjadi identitas, namun juga memiliki kekuatan besar yang memadukan beberapa unsur kehidupan yakni Urip, Urap dan Urup,” kata Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana.

Baca juga: Berita Foto - Keseruan Launching Tim dan Jersey Arema FC untuk Liga 1 2022-2023, Rasa Pesta

Ketiga jersey masih tidak jauh dari warna kebesaran Arema FC yakni biru, merah dan putih.

Untuk seragam kandang (home) didominasi warna biru, jersey tandang (away) menggunakan warna putih dengan aksen merah dan hitam di pundak, serta jersey ketiga menggunakan dominasi warna merah.

Masing-masing warna seragam ini merepresentasikan falsafah Jawa kuno. Warna Biru mengandung makna Urip yang berarti sebagai titik paling dasar dari sebuah perjalanan adalah kehidupan.

“Dalam falsafah Jawa, urip atau panguripan menjadi sebuah kekuatan besar, seperti halnya sebuah lautan yang memberikan banyak kehidupan,” jelas pria yang biasa disapa Juragan99.

Sedang untuk jersey putih dengan aksen merah dan biru pada lengan, menghadirkan makna Urap.

Urap memiliki makna percampuran banyak hal atau yang biasa disebut urap adalah ruang untuk berinteraksi antar individu.

“Layaknya udara yang tak terlihat tapi memberikan manfaat luar biasa bagi kehidupan,” ucapnya.

Sementara jersey ketiga adalah jersey merah dengan aksen biru dan putih pada pundak hingga dada. Jersey ini menghadirkan makna urup yang berarti hidup tak sekedar hidup.

“Hidup tak sekedar bersama. Semangat harus dinyalakan. Layaknya api yang berkobar untuk meraih impian,” tegas founder produk MS Glow ini lagi.

Sementara untuk jersey kiper, Arema FC menghadirkan jersey dengan warna pink, kuning dan biru.

Arema FC launching tim dan jersey musim 2022-2023 di Stadion Gajayana Malang, Rabu (20/7/2022) malam.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Arema FC launching tim dan jersey musim 2022-2023 di Stadion Gajayana Malang, Rabu (20/7/2022) malam.

Untuk pilihan huruf yang dipilih pun punya makna dan filosofi. Unsur garis panjang pada bagian dalam nomor punggung menjadi simbol dari sebuah keseimbangan antara tim Arema FC dengan Aremania untuk tetap bergerak dalam mencapai tujuan yaitu meraih kemenangan.

Sementara aksen lengkungan pada nomor memiliki makna siluet cakaran singa yang menggambarkan ketajaman skill para pemain di setiap laga

“Font dibuat khusus oleh tim Rhinoflex untuk Arema FC. Harapannya, makna dibalik font nameset bisa selaras dengan prestasi Arema FC,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com