Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penilaian Pelatih Tokyo Verdy soal Debut Pratama Arhan: Cukup Kesulitan, tetapi Setelah Itu...

Kompas.com - 08/07/2022, 18:20 WIB
Ahmad Zilky,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelatih Tokyo Verdy, Hiroshi Jofuku, memberikan penilaian terkait performa Pratama Arhan pada laga debutnya.

Bek timnas Indonesia, Pratama Arhan, mendapatkan kesempatan debut bersama Tokyo Verdy yang berhadapan dengan Tochigi SC dalam lanjutan J2 League, kasta kedua Liga Jepang, musim 2022, pada Rabu (6/7/2022).

Tokyo Verdy berhasil meraih kemenangan saat melawan Tochigi SC dengan skor tipis 1-0 melalui kontribusi Ryoga Sato pada menit ke-76.

Pratama Arhan dipercaya turun sebagai starter oleh Hiroshi Jofuku. Saat itu, eks pemain PSIS Semarang bermain selama 45 menit.

Selama penampilannya di atas lapangan, Pratama Arhan mencatatkan 10 umpan dengan enam di antaranya sukses.

Baca juga: Pratama Arhan Minta Netizen Berhenti Hujat Pemain Tochigi SC

Hiroshi Jofuku memberikan penilaian terhadap permainan Pratama Arhan. Dia mengatakan Arhan cukup kesulitan untuk beradaptasi dengan posisi barunya.

Adapun Pratama Arhan saat itu ditempatkan bukan di posisi aslinya. Dia diminta untuk mengisi posisi winger kanan.

“Dia memang seorang pemain bertahan. Jadi saya pikir dia cukup kesulitan menempati peran sebagai winger menyerang,” ujar Jofuku dilansir BolaSport.com dari laman resmi Tokyo Verdy.

“Tetapi setelah itu, saya lihat dia mulai menyesuaikan diri pada 10 menit terakhir babak pertama,” katanya menambahkan.

Baca juga: Debut Pratama Arhan di Tokyo Verdy: Dari Jadi Winger hingga Bikin Marah Kapten Tochigi SC

“Yang penting dia tidak merusak gayanya di lini bertahan. Itu merupakan poin pentingnya,” katanya lagi.

Hiroshi Jofuku berharap Pratama Arhan bisa semakin menyatu dengan tim dan bisa memaksimalkan kemampuannya pada laga berikutnya.

“Mungkin dia tidak punya start bagus saat ini, tetapi saya pikir hal bagus bisa menyatu dengan tim terutama di lini pertahanan,” kata dia.

“Setelah 35 menit pada babak pertama. Saya pikir dia memberikan respons yang baik. Saya menantikannya pada laga berikutnya,” ujarnya.

Baca juga: Batal ke SEA Games 2021, Pratama Arhan Fokus ke Tokyo Verdy

Sementara itu, Pratama Arhan juga melakukan evaluasi terkait penampilan debutnya. Dia mengatakan bahwa dirinya bakal memperbaiki komunikasi di atas lapangan.

"Sebelum laga, pelatih memberitahu saya untuk bermain dengan tenang, dan tetap fokus sepanjang laga."

"Kemudian, bermain sambil memperhatikan komunikasi dengan pemain lainnya, dan tetap berusaha menjaga formasi, bahkan di saat kami bertahan. Selanjutnya tetap berusaha menjaga komunikasi," kata Arhan.

"Tugas saya adalah untuk lebih berani, dan saya ingin mendapatkan tantangan lebih, serta lebih aktif lagi saat saya sedang menguasai bola," ucapnya menambahkan. (Bagas Reza Murti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com