Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Presiden 2022, Pertemuan Terakhir PSIS Vs Arema FC Tak Bisa Jadi Tolak Ukur

Kompas.com - 07/07/2022, 10:40 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Babak semifinal leg pertama Piala Presiden 2022, Arema FC akan berhadapan dengan PSIS Semarang di Stadion Jatidiri Semarang, Kamis (7/7/2023) sore.

Bagi kedua tim ini adalah pertemuan pertama di Piala Presiden 2022, namun juga menjadi yang ketiga di musim ini.

Sebelumnya kedua tim melakukan pertandingan uji coba kandang dan tandang.

Baca juga: Piala Presiden 2022: PSS Sleman Punya Rekor Bagus Lawan Borneo FC

Pertandingan pertama di Stadion Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang pada 22 Mei 2022 berakhir dengan kemenangan Arema FC 2-0.

PSIS Semarang kemudian membalas dengan kemenangan 2-1 saat bertanding di Stadion Jatidiri Semarang, 4 Juni 2022

Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida, menilai pertemuan sebelumnya sudah tidak relevan dijadikan tolak ukur. Sebab dari segi kualitas kedua tim sudah berkembang pesat dan matang.

“Tapi tim sudah berlatih lebih banyak, dan lebih banyak game, jadi alami bahwa tim juga sudah mengalami peningkatan, jadi kalau mau dibandingkan secara langsung dibandingkan sebelumnya tidak bisa,” ujar pelatih berlisensi UEFA Pro.

Selain itu kelengkapan komposisi tim juga mengambil peran. Semenjak laga uji coba kedua tim tidak banyak berubah, namun kehadiran sosok baru memberikan warna yang berbeda untuk tim.

PSIS Semarang melepaskan kiper Jandia Eka Putra dan penyerang Komarudin, serta memperkenalkan Sergio Alexandre sebagai pelatih. Kehadirannya ini yang kemudian menjadikan PSIS Semarang begitu perkasa di babak penyisihan grup Piala Presiden 2022.

Pelatih Arema FC Eduardo Almeida memberi instruksi pada pemain saat pertandingan babak 8 besar Piala Presiden 2022 melawan Barito Putera yang berakhir dengan skor 0-0 dilanjutkan adu penalti 5-4 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (2/7/2022) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Arema FC Eduardo Almeida memberi instruksi pada pemain saat pertandingan babak 8 besar Piala Presiden 2022 melawan Barito Putera yang berakhir dengan skor 0-0 dilanjutkan adu penalti 5-4 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (2/7/2022) sore.

Sementara Arema FC hanya memperkenalkan striker Abel Camara. Namun perubahan kecil ini menyempurnakan lini depan tim berjuluk Singo Edan itu.

“Tentunya tidak banyak yang berubah dari kedua tim. Kami dan mereka memainkan komposisi pemain yang nyaris sama, pemain asingnya juga sempat dimainkan. Namun sekarang tim sudah komplit daripada pertemuan sebelumnya,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com