Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan FC Porto Gabung ke Metaverse

Kompas.com - 04/07/2022, 23:07 WIB
Josephus Primus

Penulis

 

PORTO, KOMPAS.com - Klub sepak bola Portugal FC Porto mendigitalkan stadionnya di metaverse Upland.

Tak hanya itu, klub ini akan menawarkan token non-fungible (NFT) yang terhubung dengan tim dan pemain untuk dibeli penggemar di platform.

Porto adalah yang pertama di Eropa bermitra dengan Upland.

Upland memliki platform terkait dengan geografi dunia nyata.

Baca juga: FC Porto, Klub Eropa Kali Pertama Gabung ke Metaverse

Struktur ini memungkinkan pemain dan bisnis untuk membeli "tanah digital" yang dapat digunakan untuk membangun lingkungan virtual dan menciptakan atraksi atau bisnis yang menghasilkan pendapatan.

Lingkungan virtual ini juga bertindak sebagai alat keterlibatan penggemar potensial untuk organisasi olahraga dengan pengunjung yang dapat melakukan pembelian atau mendapatkan hadiah.

Stadion virtual Estádio do Dragão FC Porto akan digunakan untuk pengalaman penggemar digital jenis baru dan pembuatannya bertepatan dengan penambahan kota Porto ke platform.

Fase pertama peluncuran akan terjadi selama musim sepak bola 2022-2023 mendatang.

"Saya hanya ingin mengatakan bahwa ini hanyalah cara lain kami terlibat dengan penggemar," kata Direktur Pemasaran FC Porto Tiago Gouveia, Senin (4/7/2022).

Tiago Goveia pun menyebut bahwa Porto adalah klub sepak bola pertama di dunia yang memantapkan dirinya dengan kota, stadion, pemain, dan penggemarnya di metaverse

"Kami selalu mencari peluang baru dan kami tidak akan membiarkan metaverse melewati kami. Kemitraan ini adalah buktinya," tutur Tiago Goveia.

“Kami senang menyambut FC Porto sebagai klub sepak bola Eropa pertama yang bergabung dengan metaverse Upland,” kata salah satu Pendiri dan Kepala Eksekutif Upland, Dirk Lueth.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com