Flare Ganggu Laga Timnas U19 Indonesia Vs Vietnam, Apa Sanksi yang Bisa Diterima?

Kompas.com - 03/07/2022, 15:20 WIB

KOMPAS.com - Laga fase grup Piala AFF U19 2022 antara timnas U19 Indonesia dan Vietnam sempat terganggu oleh tindakan sejumlah oknum suporter yang menyalakan flare atau cerawat.

Dalam laga timnas U19 Indonesia vs Vietnam yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7/2022) malam WIB itu, nyala flare mulai terlihat pada menit-menit akhir atau beberapa saat sebelum pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

Seusai laga, Shin Tae-yong selaku pelatih timnas U19 Indonesia menyayangkan aksi sejumlah oknum supoter yang menyalakan flare tersebut.

Shin Tae-yong menghargai dukungan para supoter, tetapi menurutnya, nyala flare dapat mengganggu fokus pemain di lapangan.

Baca juga: Jangan Ganggu Keindahan Sepak Bola dengan Nyanyian Rasis dan Flare

Oleh karena itu, Shin Tae-yong berharap para suporter tidak lagi menyalakan flare pada laga-laga selanjutnya.

"Saya berterima kasih kepada suporter karena sudah bekerja keras memberi dukungan penuh kepada timnas," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers seusai laga.

"Akan tetapi, petasan pada di menit-menit akhir itu akan mengurangi fokus pemain kami. Oleh karena itu, saya mohon tidak dilakukan," imbuhnya.

"Apalagi dari FIFA bisa memberi sanksi besar dan keras. Jadi, saya mohon untuk mengubah budaya dari fans dikit demi sedikit agar makin semangat para pemain timnas," ujar Shin Tae-yong.

Baca juga: Shin Tae-yong: Sudahilah Menyalakan Petasan dan Flare di Stadion

Aksi menyalakan flare dalam laga timnas U19 Indonesia vs Vietnam juga mendapat perhatian khusus dari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Mochamad Iriawan pun menyayangkan aksi tersebut, mengingat pertandingan timnas U19 Indonesia dan Vietnam turut ditayangkan di sejumlah negara lain.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber AFC,BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.