Kompas.com - 25/06/2022, 05:00 WIB

KOMPAS.com - PSIS Semarang telah menegaskan status sebagai juara Grup A turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

Laskar Mahesa Jenar, julukan PSIS Semarang, dipastikan menempati peringkat teratas klasemen Piala Presiden 2022 setelah menang atas PSS Sleman pada laga terakhir mereka di Grup A.

Laga PSIS vs PSS Sleman yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (24/6/2022) malam WIB itu berakhir dengan skor 5-2.

Jonathan Cantillana dan Carlos Fortes menjadi bintang di balik kemenangan PSIS Semarang. Mereka sama-sama menyarangkan dua gol ke gawang PSS Sleman.

Baca juga: Hasil Piala Presiden PSIS Vs PSS 5-2: Pesta Gol, Mahesa Jenar Lolos ke Perempat Final

Sementara itu, tambahan satu gol untuk PSIS Semarang dibukukan oleh penyerang lokal, Hari Nur Yulianto.

Kelima gol tersebut menjadi penegas kemenangan PSIS Semarang atas PSS Sleman yang sempat membalas lewat aksi Riki Dwi dan Rifky Suryawan.

Penyerang PSIS Semarang, Jonathan Cantillana, mencetak gol ke gawang PSS Sleman dalam pertandingan penyisihan grup Puala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (24/6/2022).MOCHAMAD SADHELI/KOMPAS.com Penyerang PSIS Semarang, Jonathan Cantillana, mencetak gol ke gawang PSS Sleman dalam pertandingan penyisihan grup Puala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (24/6/2022).

Kemenangan atas PSS Sleman sekaligus menegaskan posisi PSIS Semarang di puncak klasemen Grup A Piala Presiden 2022.

Mereka memuncaki klasemen Grup A berkat torehan 10 poin dari hasil tiga kemenangan dan satu kali imbang.

Baca juga: Kaesang Pangarep soal Persis Solo Kalah dari PSIS: Wasite...

PSIS tak terkalahkan dan tampil produktif sepanjang rangkaian Grup A. Mereka tercatat mampu membukukan total 15 gol dari empat laga.

Catatan tersebut melengkapi langkah tegas PSIS ke perempat final Piala Presiden 2022.

Hari Nur Yulianto dkk lolos ke perempat final dengan status juara Grup A. Mereka menyusul empat tim lain yang lebih dulu mengamankan tempat di perempat final.

Keempat tim yang dimaksud adalah Persib Bandung (juara Grup C), Bhayangkara FC (runner-up Grup C), Arema FC (juara Grup D), dan PSM Makassar (runner-up Grup D).

Baca juga: Kaesang Pangarep soal Persis Solo Kalah dari PSIS: Wasite...

Posisi runner-up Grup A untuk siapa?

Posisi runner-up Grup A Piala Presiden 2022 masih terbuka untuk empat pesaing PSIS Semarang, yakni PSS Sleman, Persita Tangerang, Dewa United, dan Persis Solo.

Saat ini, PSS Sleman menjadi tim yang paling berpeluang untuk merebut posisi runner-up Grup A dan menemani PSIS Semarang ke perempat final Piala Presiden 2022.

Pasalnya, klub berjulukan Laskar Sembada itu tengah menempati peringkat kedua klasemen Grup A dengan koleksi empat poin dari tiga laga.

Akan tetapi, mereka belum aman alias masih bisa tergusur ketika melakoni laga terakhir Grup A yang dijadwalkan berlangsung pada Senin (27/6/2022).

Baca juga: Kata Jacksen F Tiago Usai Persis Solo Gagal Menang Lawan Dewa United

Pada laga terakhir, PSS Sleman akan melawan Dewa United yang kini berada di peringkat keempat dengan koleksi dua poin.

PSS Sleman wajib memenangi laga tersebut untuk lolos ke perempat final tanpa bergantung pada hasil laga lain.

Pada laga lain, Persita Tangerang yang membayangi di peringkat ketiga dengan koleksi tiga poin, bakal melawan tuan rumah Grup A, Persis Solo.

Adapun Persis Solo yang akan menjadi penantang terakhir Persita Tangerang kini tertahan di dasar klasemen dengan torehan dua poin dari tiga pertandingan.

Baca juga: Wonderkid Persis Solo Dipanggil Shin Tae-yong

Klasemen Grup A Piala Presiden 2022, hingga Jumat (24/6/2022) malam WIB:

Peringkat Tim Main Menang Seri Kalah Gol Kebobolan Selisih Gol Poin
1 PSIS Semarang 4 3 1 0 15 6 9 10
2 PSS Sleman 3 1 1 1 4 5 -1 4
3 Persita Tangerang 3 1 0 2 3 9 -6 3
4 Dewa United 3 0 2 1 4 5 -1 2
5 Persis Solo 3 0 2 1 2 3 -1 2

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.