Kompas.com - 21/06/2022, 13:40 WIB

KOMPAS.com - Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa melatih timnas Indonesia adalah sebuah tantangan dalam karier manajerialnya.

Shin Tae-yong menerima tawaran PSSI untuk menjadi pelatih timnas Indonesia. Dia diresmikan sebagai juru taktik skuad Garuda pada Desember 2019.

Itu adalah sebuah keputusan berani dari Shin Tae-yong, yang notabene adalah pelatih berlabel Piala Dunia.

Sebab, saat itu, timnas Indonesia sedang tidak stabil. Banyak tuntutan dari publik, tetapi timnas Indonesia seperti berjalan di tempat.

Shin Tae-yong pun tidak bisa menutupi fakta bahwa banyak yang pihak mempertanyakan alasannya bersedia melatih timnas Indonesia.

Baca juga: Timnas Indonesia ke Piala Asia, Bukti Revolusi Mental Shin Tae-yong Berhasil

Namun, Shin Tae-yong tidak mau ambil pusing karena dia mau menantang kemampuan dirinya dengan menjadi ahli racik strategi timnas Indonesia.

“Saya telah berpengalaman melatih semua turnamen besar di Korea, termasuk Piala Dunia 2018 di Rusia dan Olimpiade Rio 2016," kata Shin Tae-yong, dikutip dari media Korea Selatan, Newsis, Selasa (21/6/2022).

"Ketika saya pertama kali mulai melatih di Indonesia, beberapa orang di sekitar saya bertanya-tanya. Ada kondisi yang lebih baik di tempat lain, tetapi sayai ingin mengambil tantangan," imbuhnya.

"Saya ingin mengevaluasi kembali diri saya di tempat baru dan seperti apa kompetensi dan bakat yang saya miliki. Itu masih dalam proses," ujar Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong dikontrak empat tahun atau hingga 2023 oleh PSSI untuk menangani timnas Indonesia senior dan kelompok umur.

Baca juga: 2 Hal yang Membuat Shin Tae-yong Optimistis Tatap Piala Asia 2023

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Newsis
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.