Kompas.com - 11/06/2022, 13:20 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Kapten PSM Makassar Wiljan Pluim antusias menyambut pertandingan melawan Arema FC pada penyisihan grup Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (11/6/2022) 20.30 WIB.

Laga perdana penyisihan Grup D Piala Presiden tersebut dipastikan sesak dipadati pendukung tuan rumah, Aremania.

Pendukung Arema FC tentu tak mau ketinggalan memberikan dukungan langsung kepada tim kebanggaannya, apalagi ini adalah laga perdana Evan Dimas dkk di turnamen resmi.

Di sisi lain, kehadiran puluhan ribu Aremania ini bakal menciptakan tekanan bagi pemain PSM, tetapi tidak untuknya. Justru ia mengaku akan sangat menikmatinya.

Baca juga: Piala Presiden Arema FC Vs PSM, Medan Adu Taktik 2 Kompatriot Portugal

"Saya selalu sampaikan pengalaman yang bagus bertanding di sana. Saya tidak pikir itu sebagai tekanan. Saya sudah beberapa tahun main di Indonesia, tentunya dengan atmosfer yang sudah lihat sebelumnya," ujar pemain asal Belanda itu.

Bertanding di hadapan Aremania bakal sangat bagus bagi tim berjuluk Juku Eja. Setelah kondisi sepak bola dua tahun terakhir, tim butuh membiasakan diri kembali dengan tekanan dari suporter.

"Ini jadi persiapan yang baik buat kami, apalagi selama dua tahun para pemain memainkan pertandingan tanpa suporter. Ada sesuatu yang kurang saat bermain," katanya.

Namun, terpenting bagi Wiljan Pluim adalah kehadiran suporter itu sendiri dalam stadion.

Baca juga: Piala Presiden 2022 Persis Solo Vs PSS Sleman, Laskar Sambernyawa Siap Hadapi Laga Perdana

Entah itu pendukung tuan rumah ataupun pendukung sendiri, suporter adalah elemen penting yang menyempurnakan sebuah pertandingan.

"Siapa pun itu saat suporter mengisi penuh stadion akan jadi pertandingan yang bagus buat kami," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.