Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Presiden Arema FC Vs PSM, Medan Adu Taktik 2 Kompatriot Portugal

Kompas.com - 11/06/2022, 12:00 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

 

MALANG, KOMPAS.com - Arema FC akan bertanding melawan PSM Makassar dalam laga perdana babak penyisihan Grup D Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (11/6/2022) malam.

Menariknya laga Arema FC vs PSM Makassar bakal menjadi medan adu taktik dua pelatih asal Portugal, Eduardo Almeida yang membesut Arema FC dan Benardo Tavares yang menukangi PSM Makassar.

Selain berasal dari negara yang sama, keduanya juga memiliki karakteristik yang mirip. Usia keduanya tidak terpaut jauh, hanya dua tahun. Dari segi pengalaman pun, keduanya hampir sama, yakni memulai karier sekitar tahun 2001-2002.

Kedua pelatih ini mengakui saling mengenal satu sama lain. Bernardo Tavares mengungkapkan Eduardo Almeida adalah sosok yang dijadikan panutan di Indonesia karena lebih dulu datang.

Baca juga: Arema FC Vs PSM Makassar di Piala Presiden 2022, Kans Unjuk Gigi Striker Lokal

Keberhasilan Eduardo Almeida bersama Arema FC memberikan gambaran kepadanya untuk bagaimana menjalani tahun pertama kariernya sebagai pelatih di Liga Indonesia.

Preskon jelang laga perdana grup D Piala Presiden 2022 pemain PSM Makassar Wiljan Pluim dan pelatih Bernardo Tavares di Kantor Arema FC Kota Malang, Jumat (10/6/2022) siang.KOMPAS.com/Suci Rahayu Preskon jelang laga perdana grup D Piala Presiden 2022 pemain PSM Makassar Wiljan Pluim dan pelatih Bernardo Tavares di Kantor Arema FC Kota Malang, Jumat (10/6/2022) siang.

"Saya tahu dia, saya kenal dia. Beliau menjadi salah satu orang yang berpengaruh pada saat saya memutuskan untuk melihat-lihat sepak bola Indonesia," ujar pelatih berusia 42 tahun itu.

Namun, di sisi lain, alasan sama membuatnya menaruh kewaspadaan lebih kepada Eduardo Almeida dan misi besar Arema FC musim ini.

"Saya tahu Eduardo. Saya kira beliau mencoba membangun tim yang kuat musim ini dan tidak perlu ditanyakan lagi ambisi mereka untuk memenangi liga," ucap pelatih berlisensi UEFA Pro itu.

"Mereka tim kuat, tetapi siapa tahu pertandingan besok, sepak bola itu tidak lepas dari kejutan. Mudah-mudahan kami bisa memberi kejutan besok," katanya.

Baca juga: Daftar Juara Piala Presiden, Arema FC Terbanyak

Berbeda lagi dengan Eduardo Almeida. Pelatih kelahiran 22 Maret 1978 tersebut mengungkapkan belum melakukan analisis secara mendalam kepada Berardo Tavares dan PSM Makassar.

Sejauh ini, dia hanya memantau perkembangan Laskar Pinisi melalui pertandingan uji coba mereka.

Pelatih Arema FC musim 2022-2023, Eduardo Almeida.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pelatih Arema FC musim 2022-2023, Eduardo Almeida.

Namun, satu hal yang pasti, ia tahu Bernardo Tavares bukanlah pelatih kemarin sore, perlu diwaspadai penuh dengan kejutan yang akan diberikannya.

"Saya tahu pelatihnya juga sangat ingin membentuk tim kuat. Namun, untuk sekarang kami belum terlalu tahu banyak soal segala hal," kata pelatih yang akan memimpin Arema FC hingga 2024 itu.

"Namun, kami tahu harus berhadapan dengan mereka dan perlu menyiapkan beberapa opsi, masih ada waktu untuk persiapan, melakukan yang terbaik. Tidak terlalu fokus pada lawan, tetapi lebih fokus pada skuad kami," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com