Kompas.com - 03/06/2022, 23:13 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Sudah beberapa minggu silam, China memilih untuk membatalkan statusnya sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Pandemi Covid-19 yang masih melanda China membuat negara itu memilih kebijakan di atas.

Sementara, usai pembatalan oleh China, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memang menawarkan opsi bagi banyak negara Asia menggantikan posisi China.

AFC secara resmi menyampaikan penawaran itu pada Selasa (31/5/2022).

Tenggat penawaran itu adalah Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Ini Tenggat Penawaran AFC untuk Tuan Rumah Piala Asia 2023

AFC memberi syarat bahwa negara-negara yang menaruh minat menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 melakukan pndaftaran dalam bentuk pernyataan minat atau expression of interest (EoI).

EoI lazimnya adalah surat yang menunjukkan bahwa pemohon menyatakan minatnya untuk ikut serta dalam penawaran yang diajukan pemilik sebuah proyek atau kegiatan tertentu.

Kendati demikian, beberapa negara baru saling melirik untuk menjemput tawaran itu.

Sejumlah pesepak bola dan official Timnas Indonesia berlari saat mengikuti sesi latihan perdana di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (26/5/2022). Timnas Indonesia memulai pemusatan latihan sebagai persiapan jelang laga FIFA Match Day Timnas Indonesia vs Bangladesh pada Rabu, 1 Juni di Bandung dan kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar pada 8-14 Juni di Kuwait.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Sejumlah pesepak bola dan official Timnas Indonesia berlari saat mengikuti sesi latihan perdana di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (26/5/2022). Timnas Indonesia memulai pemusatan latihan sebagai persiapan jelang laga FIFA Match Day Timnas Indonesia vs Bangladesh pada Rabu, 1 Juni di Bandung dan kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar pada 8-14 Juni di Kuwait.

"Lanjutkan upaya mengamankan Korea Selatan menerima tawaran sebagai tuan rumah Piala Asia 2023," kata pernyataan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol pada Kamis (2/6/2022).

Yoon Suk-yeol bahkan sudah memerintahkan Kementerian Olahraga menindaklanjuti opsi tuan rumah itu secara serius.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.