Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pujian Messi Bagi Timnas Italia: Laga Selayaknya Semifinal Piala Dunia

Kompas.com - 02/06/2022, 14:40 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Argentina secara meyakinkan menang 3-0 lawan timnas Italia pada laga Finalissima 2022 di Stadion Wembley pada Kamis (2/6/2022) dini hari WIB.

Kendati menang meyakinkan atas Azzurri, Lionel Messi tetap menilai partai akbar ini adalah salah satu laga terhebat baginya di ajang internasional dan sangat layak apabila menjadi sebuah partai empat besar di Piala Dunia.

Pertandingan Finalissima Italia vs Argentina merupakan duel yang mempertemukan Italia selaku juara Euro 2020 dan Argentina sebagai kampiun Copa America 2021.

Tim Tango sukses menjebol gawang Italia yang dijaga Gianluigi Donnarumma tiga kali melalui kontribusi Lautaro Martinez (28’), Angel Di Maria (45+1’), dan Paulo Dybala (90+4’).

Baca juga: Messi Man of the Match Finalissima: Pertunjukan Kelas Dunia untuk Wembley

Kendati tak mencetak gol, Messi tampil brilian dengan menyumbang dua assist untuk gol-gol Martinez dan Dybala.

"Kami memainkan sebuah laga yang komplet," ujar Messi seperti dikutip dari La Nacion.

"Pertandingan sempat rumit bagi kami pada babak pertama karena kami kesulitan meredam Jorginho ketika ia memainkan bola."

"Namun, gol pertama mengubah laga. Kami pun bermain spektakuler pada babak kedua."

Messi pun bukan tanpa kesempatan pada laga tersebut. Ia sempat beberapa kali mencoba peruntungan depan gawang. 

Angel Di Maria melakukan perayaan bersama Lionel Messi dan Lautaro Martinez usai menjebol gawang Italia dalam ajang Finalissima di Stadion Wembley, Inggris, 1 Juni 2022.BEN STANSALL/AFP Angel Di Maria melakukan perayaan bersama Lionel Messi dan Lautaro Martinez usai menjebol gawang Italia dalam ajang Finalissima di Stadion Wembley, Inggris, 1 Juni 2022.

Namun, usahanya masih belum bisa menjebol gawang Donnarumma. Messi pun mengutarakan panitia mengubah bola untuk pertandingan dan hal ini memengaruhinya.

"Saya ingin mencetak gol juga, terutama setelah melihat bagaimana kami mengontrol laga dan Italia tak bisa menciptakan apa-apa melawan kami," ujar sang Man of the Match laga.

"Mungkin, ada juga hubungannya dengan fakta bahwa mereka mengubah bola sebelum bertanding."

"Kami berlatih dengan bola yang berbeda, dan saya sudah terbiasa dengan itu. Bola ini (yang dipakai saat laga) lebih berat."

Baca juga: Italia Vs Argentina: Saat Harapan dan Kenyataan Tak Berjalan Beriringan buat Giorgio Chiellini...

Messi pun memuji perkembangan timnas Argentina di bawah era pelatih Linel Scaloni.

"Grup ini terus berkembang, kami menularkan banyak hal positif ke satu sama lain," ujar Messi melanjutkan.

"Kami bisa mencari kekuatan dari nol. Ini adalah jalan kami. Apa yang terjadi pada hari ini menunjukkan bahwa grup ini bisa siap untuk apapun."

Terakhir, sang megabintang pun tak lupa melayangkan pujian kepada lawannya.

"Ujian melawan Italia sangatlah bagus, mereka adalah tim hebat," tutur pria yang kini sudah mengoleksi 40 trofi sepanjang kariernya tersebut.

"Hanya karena ketidak beruntungan mereka gagal lolos ke Piala Dunia. Partai ini bisa saja menjadi perempat final atau semifinal Piala Dunia."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com