Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Jordi Amat Usai Batal Perkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023: Itu Menyedihkan...

Kompas.com - 01/06/2022, 08:40 WIB
Ahmad Zilky,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Calon pemain naturalisasi Indonesia, Jordi Amat, mengaku kecewa tidak bisa membela skuad Garuda di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia dipastikan tidak akan diperkuat oleh Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama, dalam Kualifikasi Piala Asia 2023.

Ketiga pemain itu batal memperkuat timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 lantaran terkendala proses naturalisasi yang belum tuntas.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, mengatakan bahwa pendaftaran pemain untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia 2023 sudah ditutup.

Hasani Abdulgani sejatinya telah melakukan upaya agar ketiga pemain itu didaftarkan terlebih dahulu.

Baca juga: Indonesia Vs Bangladesh, Tanpa Jordi Amat-Sandy Walsh, Garuda Siap Tempur

Namun, pendaftaran Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama tidak bisa dilakukan karena mereka belum mempunyai paspor.

“Sebenarnya sudah tutup (pendaftaran). Yang kemaren saya pengen kejar itu kan kualifikasi,” ujar Hasani Abdulgani di Bandung, dilansir dari BolaSport.com.

“Namun, yang namanya niat ya belum tentu terkabul,” tuturnya.

“Saya bilang ke pelatih untuk daftarkan saja, tetapi dia bilang ‘tidak bisa didaftarkan tanpa paspor’. Paspor itu akan kami butuhkan untuk lapor ke FIFA untuk pertukaran federasi,” ucap dia.

Baca juga: Jordi Amat dkk Batal Bela Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Legawa

Kabar ini lantas direspons langsung oleh Jordi Amat. Sang pemain mengaku kecewa tidak bisa membela timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kendati demikian, Jordi Amat tetap menanggapinya kepastian batalnya dia membela timnas Indonesia dengan lapang dada.

“Itu kabar yang menyedihkan bagi saya dan Sandy. Namun, kami berusaha menanggapinya dengan positif,” ujar Jordi Amat seusai berlatih bersama timnas Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, dilansir dari Antara.

“Kami tetap berlatih dengan tim nasional Indonesia untuk lebih mengenal satu sama lain, termasuk teman-teman, pelatih, dan para staf,” ucap dia.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Bangladesh, Egy Maulana Vikri Dipastikan Absen

Jordi Amat berusaha memahami kondisi yang terjadi. Oleh karena itu, dia tidak terlalu memusingkannya dan kini lebih berupaya untuk segera menuntaskan proses naturalisasinya.

“Perubahan asosiasi di FIFA itu sulit dan rumit. Namun kami akan terus berusaha,” kata pesepak bola berusia 30 tahun itu.

“Semoga kami segera mendapatkan paspor Indonesia dan bergabung dengan timnas pada pemanggilan selanjutnya,” ujar Jordi Amat menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com