Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil SEA Games akan Jadi Evaluasi Pembinaan Cabang Olahraga

Kompas.com - 18/05/2022, 13:00 WIB
Ferril Dennys

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Hasil SEA Games 2021 Vietnam akan dijadikan bahan evaluasi masing-masing cabang olahraga apalagi pada kejuaraan dua tahunan ini banyak menurunkan atlet muda.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari. Pria yang akrab dipanggil Okto menyatakan SEA Games Vietnam juga menggunakan skema baru yang diterapkan oleh pemerintah, Komite Olahraga Indonesia (KOI), KONI, dan semua stakeholder olahraga Indonesia yang diantaranya track record.

Baca juga: Line Up Indonesia Vs Thailand di Final SEA Games 2021: Minus Gregoria, Putri KW Awali Perjuangan

Mantan Ketua Umun PB ISSI menambahkan pemerintah dan stakeholder olahraga Indonesia membuat kajian-kajian tentang evaluasi proses pembinaan yang ada dalam cabang-cabang olahraga di mana jika dulu SEA Games dianggap target, maka  sekarang hanya sasaran antara sehingga tak boleh puas dengan hasil ini, namun harus menjadi evaluasi untuk multievent setingkat di atasnya.

"Dulu ajang SEA Games dianggap sebagai target, kalau sekarang hanya sasaran antara saja. Sebagai contoh PB ISSI yang tak boleh puas dengan hasil SEA Games 2021 Hanoi ini, karena yang paling penting bagaimana caranya bisa tembus kualifikasi ke ajang di atasnya seperti Asian Games maupun Olimpiade sehingga ini PR-nya masih panjang, ajang SEA Games hanya menjadi batu loncatan," kata Okto.

Okto mengatakan semua pemangku kepentingan dan Kemenpora, sepakat bahwa SEA Games ini menjadi evaluasi terhadap pembinaan yang dilakukan oleh cabang olahraga terlebih saat ini mekanisme penganggaran diberikan langsung oleh pemerintah kepada induk organisasi.

"Evaluasi ke depannya harus spesifik, apakah cabang olahraga itu serius melakukan pembinaan prestasi dan nomor-nomornya spesifik. Di sini banyak cabang yang mengikuti pertandingan dimana hasilnya pun terlihat, sehingga dari situ kita bisa analisa apa yang perlu ditambah dan mana yang perlu dimaksimalkan," pungkas Okto.

Pada SEA Games 2021 muncul atlet-atlet muda yang sukses membuat kejutan. Sebut saja cabang renang yang melahirkan juara baru Flairene Candrea Wonomiharjo (17) dari nomor renang 100 meter gaya punggung dan Masniari Wolf (16) dari nomor 50 meter gaya punggung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com