Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SEA Games 2021, STY Sebut Tempat Latihan Tak Lebih Baik daripada Lapangan SD

Kompas.com - 07/05/2022, 08:40 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas U23 Indonesia melayangkan protes soal fasilitas latihan yang disediakan untuk anak-anak asuhnya menjelang laga perdana fase grup sepak bola SEA Games 2021 kontra tuan rumah Vietnam.

Antara News melaporkan, Shin Tae-yong menyebut lapangan latihan yang disediakan untuk para pemain timnas U23 Indonesia tidak lebih baik kualitasnya daripada lapangan Sekolah Dasar (SD).

Bahkan, Shin Tae-yong mengatakan bahwa dirinya tidak pernah melihat lapangan seburuk itu dalam 30 tahun kariernya di dunia sepak bola.

Shin Tae-yong kemudian menduga adanya situasi yang menguntungkan skuad U23 Vietnam selaku tim tuan rumah.

"Situasi ini tentu mengecilkan hati kami. Padahal Vietnam mendapatkan lapangan yang sangat baik," kata Shin Tae-yong, dikutip dari Antara News.

Baca juga: Indonesia Kalah Telak dari Vietnam, Shin Tae-yong Sorot Kinerja Wasit

"Mereka mendapatkan keuntungan sebagai tuan rumah. Meski begitu, kami akan tetap mempersiapkan diri dengan baik di turnamen ini," ujar Shin Tae-yong yang tetap memastikan kesiapan timnas U23 Indonesia.

Terkait kondisi lapangan latihan yang buruk, Shin Tae-yong secara terang-terangan melayangkan protes kepada panitia SEA Games 2021 Vietnam.

Menurut Shin Tae-yong, pihak panitia seharusnya menyediakan lapangan latihan yang layak dan berstandar internasional kepada timnas U23 Indonesia.

Lapangan yang baik diperlukan agar skuad Garuda Muda bisa mempersiapkan diri dengan maksimal menjelang pertandingan.

"Kami seharusnya diperlakukan secara fair play. Saya merasa kami dirugikan selama berlatih di Vietnam," ucap Shin Tae-yong.

Baca juga: Saddil: Lapangan Banyak Lubang dan Pasir, tetapi Bukan Alasan!

Adapun pertandingan pertama fase grup sepak bola SEA Games 2021 antara timnas Indonesia dan Vietnam telah berlangsung di Stadion Viet Tri, Phu Tho, pada Jumat (6/5/2022) malam WIB.

Hasilnya, Indonesia menelan kekalahan 0-3 dari tuan rumah Vietnam.

Pesepak bola Timnas Indonesia Ilham Rio Fahmi (kanan) berbaring sambal menutup wajahnya usai kalah melawan kesebelasan Timnas Vietnam dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). Indonesia kalah dengan skor 0-3.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Pesepak bola Timnas Indonesia Ilham Rio Fahmi (kanan) berbaring sambal menutup wajahnya usai kalah melawan kesebelasan Timnas Vietnam dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). Indonesia kalah dengan skor 0-3.

Ketiga gol yang mengandaskan harapan Indonesia untuk memetik hasil positif pada laga pertama dicetak oleh Nguyen Tien Linh, Hung Dung Do, dan Do Le Van.

Kekalahan ini membuat Indonesia tertahan di peringkat keempat klasemen sementara Grup A sepak bola SEA Games 2021.

Skuad Garuda Muda berada di atas tim juru kunci Timor Leste yang pada laga sebelumnya takluk 0-4 dari Filipina.

Baca juga: Klasemen Grup A SEA Games 2021: Filipina Puncak, Vietnam Kedua

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com