Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Dimiliki Pesepak Bola Versi Pelatih Barcelona U18

Kompas.com - 17/04/2022, 18:53 WIB
Farahdilla Puspa,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih Barcelona U18 Iban Javier Cuadrado mengungkapkan empat faktor utama yang dibutuhkan seorang pesepak bola agar bisa mempunyai karier nan sukses.

Hal itu disampaikan Iban Javier Cuadrado setelah kemenangan Barcelona U18 atas Bali United U18 pada laga terakhir fase grup International Youth Championship (IYC) 2021.

Duel Bali United U18 vs Barcelona U18 yang berlangsung di Jakarta International Stadium, Minggu (17/4/2022) berakhir dengan skor 0-4.

Gol-gol Barcelona dicetak oleh Jorge Javier Espinal Diaz (9', 68'), Nil Caldero Soteres (44'), dan Jan Molina Vilaseca (75').

Baca juga: Kans Indonesia All Star U20 Buat Kejutan di International Youth Championship Masih Terbuka

Seusai pertandingan, Iban Javier Cuadrado ditanya perihal pemain Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa setiap pesepak bola punya tekanan masing-masing.

Intinya, mereka perlu diberikan kepercayaan penuh agar bisa memberikan yang terbaik setiap bertanding.

"Kami adalah tim Eropa tentu kami mempunyai karakter Eropa. Kondisi iklim juga berbeda . Kami perlu persiapan bermain di sini, begitu juga jika Indonesia bertanding di Eropa," kata Iban Javier Cuadrado dalam konferensi pers.

"Ada tekanan tersendiri. Intinya tiap pemain harus punya disiplin taktik yang bagus. Saya empat tahun di Asia, jadi kami bisa baeradaptasi. Para pemain muda usia dini juga harus diberi kepercayaan penuh sekaligus dorongan agar selalu memberikan yang terbaik," ujarnya.

Baca juga: Hasil IYC 2021: Barcelona U18 Lumat Bali United 4-0 dan Lolos ke Final

Selain itu, Iban Javier juga mengungkapkan empat faktor dasar yang harus dimiliki pesepak bola, baik pemain junior maupun senior.

"Khususnya bagi anak-anak muda, untuk menjadi pemain bola, harus memiliki empat sifat yaitu talenta, disiplin, bisa menjaga diri, dan kemampuan menjaga pola makan," kata Iban Javier Cuadrado.

"Tekun saja tidak cukup. Mereka harus punya empat faktor ini. Ini berlaku untuk semua pemain sepak bola, baik junior maupun senior," tuturnya.

Kemenangan atas Bali United U18 memastikan Barcelona U18 lolos ke final IYC 2021 dan akan menanti pemenang antara Indonesia All Star U20 dan Atletico Madrid U18.

Pertandingan Indonesia All Star U20 vs Atletico Madrid U18 baru akan dimainkan malam ini pukul 21.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com