Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembus Final Piala AFF 2022, Timnas Futsal Indonesia Segel Tiket Piala Asia

Kompas.com - 09/04/2022, 03:20 WIB
Ahmad Zilky,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.comTimnas futsal Indonesia dipastikan bakal berlaga di perhelatan Piala Asia 2022. Kepastian itu didapat selepas melibas Myanmar 6-1 di partai semifinal Piala AFF Futsal 2022.

Pertandingan semifinal antara Myanmar vs Indonesia berlangsung di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Jumat (8/4). Myanmar adalah juara Grup A, sedangkan Indonesia runner-up Grup B.

Di awal pertandingan Indonesia sempat kesulitan. Ini terlihat ketika tim arahan Mohammad Hashemzadeh tidak mampu mendapatkan gol cepat.

Baca juga: Daftar Top Skor Piala AFF Futsal 2022, Dominasi Indonesia dan Thailand

Indonesia baru memproduksi gol ketika Syauqi Saud mengoyak gawang Myanmar. Gol pertama tim Garuda tercipta pada menit ke-16.

Di babak kedua Indonesia baru membuka keran gol lebih besar. Lima gol berhasil ditambahkan, masing-masing lewat Evan Soumilena pada menit ke-23, Ardiansyah Runtuboy (25', 35'), Guntur Sulistyo (39'), dan ditutup Firman Adriansyah (39')

Myanmar hanya mampu menghasilkan sebiji gol. Satu-satunya gol mereka yang bersarang ke gawang Indonesia dicetak Hlang Min Thun pada menit ke-37.

Baca juga: Jadwal Final Piala AFF Futsal 2022, Indonesia Vs Thailand

Final Piala AFF Futsal 2022 nanti merupakan partai puncak kelima buat Indonesia. Sebelumnya tim Merah-Putih sudah empat kali lolos ke final.

Kesempatan empat kali lolos ke final itu datang pada 2006, 2008, 2010, dan 2019. Dari empat kali lolos ke final, timnas Indonesia sekali jadi juara, yakni pada 2010

Status kampiun Piala AFF Futsal 2010 dipastikan Indonesia dengan mengalahkan Malaysia di partai puncak.

Lawan Indonesia di final AFF Futsal 2022 nanti adalah timnas Thailand. Laga tersebut bakal berlangsung di Huamark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand, Minggu (10/4/2022) sore WIB.

Baca juga: Link Live Streaming Indonesia Vs Myanmar di Semifinal Piala AFF Futsal, Kickoff 14.30 WIB

Keberhasilan Indonesia menembus final Piala AFF Futsal 2022, juga berarti tiket partisipasi di putaran final Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait, sudah aman dalam genggaman.

Sebab, Piala AFF Futsal tahun ini sekaligus dipakai untuk ajang kualifikasi. Tiga tim teratas berhak lolos ke Piala Asia Futsal 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com