Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beto Goncalves Rindu Suporter, Bicara Beda Liga 1 dan Liga 2

Kompas.com - 08/04/2022, 03:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

 DOHA, KOMPAS.com - Menjalani kompetisi dengan format tak biasa yang dihelat dengan sistem bubble dan tanpa suporter memancing kerinduan bagi pemain naturalisasi berdarah Brasil, Alberto Goncalves da Costa alias Beto.

Beto yang membela Madura United pada Liga 1 2021-2022, mengakui bahwa tidak mudah menjalani kompetisi tanpa kehadiran fan.

Menurutnya peran suporter sangat penting dalam memberikan dukungan dan motivasi bagi pemain di lapangan.

Meski demikian, Beto merasa bersyukur kompetisi sepak bola di Indonesia bisa bergulir, setelah sebelumnya sempat lama vakum karena pandemi Covid-19.

Beto Goncalves berharap di tengah situasi pandemi yang mulai melandai ini, ada kebijakan baru musim depan.

Baca juga: Asisten Wasit Tambahan di Liga 1, Luar Biasa tetapi Masih Kurang Luwes

 

Ia berharap suporter sudah diperbolehkan mendukung langsung tim kesayangan mereka di stadion.

“Kita senang ada liga karena sebelum itu kita sudah enggak ada aktivitas. Kita senang karena kita butuh liga tapi enggak ada penonton ya. Padahal kita ada motivasi kalau ada dukungan dari suporter,” ucap pemain Madura United itu.

“Gara-gara pandemi harus seperti itu, sangat sayang sekali. Tapi saya senang ada liga. PSSI luar biasa, saya hormat sama mereka. Meskipun situasi sulit buat semua, tapi mereka bisa menjalankan liga dengan baik.”

“Jadi semoga ke depan bisa lebih baik lagi dan semoga musim depan bisa bermain dengan suporter supaya mereka bisa apresiasi kita di dalam stadion,” kata Beto menambahkan.

Pemain naturalisasi Madura United Beto Goncalves saat pertandingan pekan 31 Liga 1 2021-2022 melawan Persib Bandung yang berakhir dengan skor 3-2 di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Minggu (13/3/2022) malam. KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain naturalisasi Madura United Beto Goncalves saat pertandingan pekan 31 Liga 1 2021-2022 melawan Persib Bandung yang berakhir dengan skor 3-2 di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Minggu (13/3/2022) malam.

Musim 2021-2022 menjadi periode yang unik bagi Beto Goncalves. Ia berkesempatan membela dua tim yang berbeda di kasta yang berbeda pula.

Sebelum bergabung kembali bersama Madura United di putaran kedua Liga 1 2021-2022, ia terlebih dahulu bermain untuk Persis Solo di Liga 2 2021.

Bersama Laskar Sambernyawa, julukan Persis, Beto sukses memastikan promosi ke Liga 1 musim depan dengan status juara Liga 2 2021.

Kesuksesan itu dipermanis dengan keberhasilan Beto menyabet gelar top skor dengan torehan 11 gol selama berkostum Persis Solo di Liga 2 2021.

Baca juga: Patah Hati Beto Goncalves Usai Persipura Degradasi

Usai masa peminjaman di Persis Solo berakhir, Beto kembali memperkuat Madura United di putaran kedua Liga 1 2021-2022, di saat kondisi tim beralias Sape Kerrab itu tengah terpuruk karena inkonsistensi permainan.

Bersama Laskar Sape Kerrab, Beto Goncalves mencatatkan 15 kali penampilan dengan torehan 7 gol dan 3 assist. Ia berhasil membawa Madura United mengakhiri kompetisi dengan finis di 10 besar klasemen akhir Liga 1 2021-2022.

Striker Persis Solo, Alberto Goncalves, sukses menyabet gelar top skor Liga 2 2021. TWITTER/Liga 2 Striker Persis Solo, Alberto Goncalves, sukses menyabet gelar top skor Liga 2 2021.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com