Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LaLiga Rising Stars: Profil Gavi, Sang Pencetak Sejarah La Roja

Kompas.com - 07/04/2022, 07:00 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pemain muda terkini yang masuk dalam sorotan LaLiga Rising Stars adalah gelandang bertalenta FC Barcelona, Pablo Martin Paez Gavira atau Gavi. Pemain berusia 17 tahun ini cepat menjadi idola baru kubu Camp Nou.

LaLiga Rising Stars merupakan konten rutin yang dihadirkan kepada pembaca Kompas.com sebagai bagian dari kerja sama Kompas.com dengan LaLiga Spanyol.

Pablo Martin Paez Gavira mencetak sejarah kala ia menjadi starter bagi timnas Spanyol dalam pertandingan semi-final UEFA Nations League melawan Italia pada 6 Oktober 2021.

Usianya ketika itu baru 17 tahun dan 62 hari sehingga menjadikan Gavi sebagai pemain termuda dalam sejarah timnas Spanyol.

Banyak pihak yang terkejut ketika Luis Enrique memanggil Gavi ke timnas dan semakin banyak yang terkejut ketika Gavi menjadi starter dalam pertandingan tersebut.

Baca juga: LaLiga Rising Stars: Profil Ronald Araujo, Bek dengan Insting Penyerang

Namun, Gavi bermain sepanjang 83 menit layaknya seorang veteran. Ia pun turut membantu La Roja menang 2-1 atas timnas Italia di San Siro, Milan.

Gelandang Italia Marco Verratti berduel dengan pemain muda Spanyol Pablo Gavi pada semifinal UEFA Nations League yang berlangsung di Stadion San Siro, Milan, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB.AFP/MARCO BERTORELLO Gelandang Italia Marco Verratti berduel dengan pemain muda Spanyol Pablo Gavi pada semifinal UEFA Nations League yang berlangsung di Stadion San Siro, Milan, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB.

Gavi mungkin masih muda dan berbadan kecil, namun ia menutupi kedua kekurangannya tersebut dengan permainan yang indah.

Pemuda kelahiran 5 Agustus 2004 ini lahir di wilayah Sevilla dan ia selalu menonjol di antara rekan-rekannya.

Beranjak dewasa, ia dijuluki Oliver Atom, seorang pemain bintang dari serial manga Captain Tsubasa.

Gavi awalnya bergabung dengan akademi Real Betis sebelum pindah ke Catalonia untuk bergabung dengan akademi La Masia FC Barcelona pada usia 11 tahun.

Di La Masia, Gavi sering bermain dengan pemain-pemain yang berusia lebih tua dari dirinya sehingga ia bisa belajar bagaimana menggunakan bakatnya dengan cara paling efektif.

Baca juga: LaLiga Invisible Training: Makanan Terlarang Pesepak Bola di Spanyol

Pengalaman tersebut mempersiapkannya untuk masuk ke sepak bola senior.

Ia pun melakukan debut bersama Barcelona B pada 21 Februari 2021 pada usia 16 tahun dan 200 hari.

Pada tahun sama, Ronald Koeman memberikan Gavi kesempatan untuk mencatatkan debutnya bersama tim utama Blaugrana.

Kesempatan tersebut datang ketika sang gelandang masih berusia 17 tahun 25 hari pada laga melawan Getafe CF, 29 Agustus 2021.

Pablo Gavi merayakan gol yang ia cetak dalam pertandingan Barcelona vs Elche di Stadion Camp Nou, 18 Desember 2021. Pada laga pekan ke-18 Liga Spanyol 2021-2022 ini, Gavi mencetak satu gol dan satu assist.AFP/PAU BARRENA Pablo Gavi merayakan gol yang ia cetak dalam pertandingan Barcelona vs Elche di Stadion Camp Nou, 18 Desember 2021. Pada laga pekan ke-18 Liga Spanyol 2021-2022 ini, Gavi mencetak satu gol dan satu assist.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com