Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali United Juara Liga 1: Buah Persiapan Matang dan "Kerja Rodi" Tanpa Libur

Kompas.com - 26/03/2022, 12:30 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Pelatih Bali United Stefano Cugurra membeberkan perjalanan panjang tim asuhannya untuk menjadi juara Liga 1 2021-2022.

Dia mengatakan kesuksesan ini tidak akan bisa diraih tanpa dedikasi penuh dari pemain dalam menjalankan tugasnya.

Stefano Cugurra yang biasa disapa Teco, bercerita bahwa musim ini Bali United memang tidak main-main dalam mempersiapkan tim.

Tim beralias Serdadu Tridatu benar-benar dipersiapkan secara maksimal dan sangat ketat. Bahkan dia mengungkapkan pemain sudah seperti "kerja rodi", tak lagi mendapatkan jatah libur selama kompetisi berlangsung.

Tantangan yang diberikan tersebut dijawab penuh dengan dedikasi oleh pemain. Semua satu suara untuk berusaha melampaui batas maksimal masing-masing.

“Pastinya ini hasil kerja keras. Kami mulai latihan dari tahun lalu (2021) bulan Februari tanggal 8. Kami menjadi tim pertama yang memulai latihan,” kata Teco.

Baca juga: Bali United Rayakan Manisnya Juara meski Tumbang di Tangan Persebaya

“Selain itu kalian bisa tanya pemain saya berapa kali mereka libur? Nol, tidak ada libur, satu hari pun tidak ada libur dari tim kita. Andika (pemain) sangat kerja keras sekali,” ucapnya lagi.

Pelatih Stefano Cugurra menikmati euforia Bali United juara Liga 1 2021-2022.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Stefano Cugurra menikmati euforia Bali United juara Liga 1 2021-2022.

Kini seluruh anggota tim memetik buah kerja keras mereka. Bali United tidak sekadar menjadi kampiun, namun juga mencetak sejarah sebagai tim pertama di Liga Indonesia sejak 1994 yang mampu juara dua kali secara beruntun.

Capaian itu semakin istimewa karena Stefano Cugurra juga mencatatkan sejarah sebagai pelatih pertama yang mampu tiga kali juara beruntun di Liga Indonesia.

Baca juga: Kalahkan Bali United Saat Juara, Persebaya bak Kampiun Tanpa Mahkota

 

Teco menyabet gelar juara bersama Persija Jakarta (2018) dan Bali United (2019, 2021-22).

Tidak hanya itu, Bali United juga menorehkan rekor di Liga 1 2021-2022 dengan menang sembilan kali beruntun.

“Kami akan libur. Kenapa? Karena kami sudah selesai, kami sudah jadi juara di sini,” kata Teco mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com