Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar Bike To Care 2022: Bersepeda 500 Km Sambil Beramal untuk Ribuan Anak

Kompas.com - 18/03/2022, 14:00 WIB
Celvin Moniaga Sipahutar,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengusung tema #BersamaUntukAnak, SOS Children's Villages mengajak masyarakat Indonesia mengajak masyarakat Indonesia berkontribusi langsung untuk membantu 7.200 anak yang berada di Banda Aceh, Meulaboh, Medan, Jakarta, Bogor, Lembang, Semarang, Yogyakarta, Bali, Flores dan Palu.

SOS Children's Villages, lembaga non-pemerintah yang fokus memberikan pengasuhan alternatif berbasis keluarga bagi anak-anak yang telah atau berisiko kehilangan pengasuhan orang tua, siap menggelar perhelatan Bike To Care 2022 #BaliLoop 500 km yang digelar secara offline dan virtual.

Untuk perhelatan offline akan mengusung konsep Ultra-Distance Cycling 500 kilometer dan bertempat di pulau dewata, Bali. 

Baca juga: Klub Sepeda ASC Monsters Tampil di Kejuaraan Level Dunia di Turki

Bike To Care 2022 #BaliLoop 500 KM membawa makna dan misi baru dalam olahraga yang melibatkan 50 pesepeda offline, 250 pesepeda virtual, ribuan donatur, hingga para mitra korporasi dan media yang berkomitmen untuk mendukung anak-anak yang kehilangan pengasuhan orang tua.

Tahun 2022 merupakan kali pertama Bike To Care diadakan secara offline sebagai perhelatan charity ultra-distance cycling yang digagas oleh SOS Children's Villages Indonesia

Menggandeng puluhan komunitas sepeda dari seluruh nusantara, acara sepeda amal ini mengambil jarak sejauh 500 km di mana para pesepeda tak hanya mengayuh mengelilingi Bali. 

Akan tetapi, juga berbagi kebaikan dengan melakukan penggalangan dana melalui halaman donasi atas nama masing-masing pesepeda.

Baca juga: Kalimantan Selatan Punya Atlet Muda Balap Sepeda

Bike To Care juga menjadi ajang sepeda pertama yang mengambil rute 500 km mengelilingi Bali.

Seluruh hasil penggalangan dana diperuntukkan bagi anak-anak yang telah/terancam kehilangan pengasuhan orang tua, demi mencegah anak kehilangan pengasuhan keluarga dan pemenuhan kebutuhan hidup mereka. 

Untuk implementasi program pengasuhan alternatif berbasis keluarga dibutuhkan dana minimal sebesar Rp 500 juta, dengan rincian setiap anak membutuhan setidaknya Rp 6 juta untuk memenuhi seluruh kebutuhan dasar mereka selama setahun.

Baca juga: Pelatnas Jangka Panjang Balap Sepeda Sedang Berjalan

Para peserta offline dan virtual bergandengan tangan untuk bersama-sama dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak kehilangan pengasuhan orang tua melalui halaman penggalangan dana masing-masing.

Hingga tanggal 14 Maret 2022, donasi yang terkumpul ada di sekitar Rp 272 juta. Masih butuh banyak bantuan agar dapat mendukung mimpi ratusan anak Indonesia.

Tidak hanya berpartisipasi sebagai pesepeda, siapapun juga bisa menjadi #PejuangAnak dengan menunjukkan dukungan melalui: kitabisa.com/biketocare.

Cara Daftar Bike To Care Offline

Pendaftaran Bike To Care offline dapat dilakukan melalui website resmi www.biketocare.com. Kegiatan Bike to Care 2022 juga menerapkan prosedur CHSE untuk memastikan setiap titik melakukan protokol kesehatan yang ketat. 

Seluruh peserta dan panitia akan dicek sertifikat vaksin dan akan melakukan test swab antigen sebelum acara dimulai. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com