Kompas.com - 09/03/2022, 07:54 WIB
Penulis Ahmad Zilky
|

KOMPAS.comFederasi Sepak Bola Rusia (RFU) telah resmi mengajukan banding terhadap keputusan FIFA dan UEFA ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Keputusan yang dilakukan PSSI-nya Rusia ini merupakan buntut hukuman FIFA dan UEFA untuk membekukan timnas serta klub-klub Rusia dari kompetisi internasional.

Seluruh timnas dan klub Rusia diskors dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA lantaran invasi yang dilakukan oleh Negeri Beruang Merah itu ke tanah Ukraina.

Baca juga: FIFA Izinkan Pemain Asing Tangguhkan Kontrak dengan Klub Rusia

Sanksi yang diterapkan oleh FIFA ini membuat timnas Rusia tidak bisa berpartisipasi dalam playoff Piala Dunia 2022 Qatar.

Adapun Rusia seharusnya bertanding melawan timnas Polandia dan bakal bermain pada 29 Maret 2022.

Jika menang kontra Polandia, tim nasional Rusia bakal melanjutkan perjuangannya melawan pemenang antara Swedia dan Replubik Ceko.

Baca juga: Rusia Serang Ukraina, Orang Berduit Ramai-ramai Berebut Legit-nya Chelsea

Bukan hanya timnas putra yang merasakan imbas dari sanksi ini, timnas putri Rusia juga disebut akan dikeluarkan dari Kejuaraan Eropa di Inggris pada Juli mendatang.

Selain itu, salah satu klub Rusia, Spartak Moscow juga terkena sanksi UEFA. Itu membuat perjuangan mereka di Liga Europa mesti terhenti.

Kini, Rusia pun telah mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga agar membuat timnas putra dan putri bisa kembali berkompetisi.

Baca juga: Sikap Rusia Usai Kena Sanksi FIFA dan UEFA: Tak Rela Hak Berkompetisi Direnggut

Kepastian ini pun telah diketahui melalui keterangan dari Federasi Sepak Bola Rusia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.