Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Minta FIFA Tunda Playoff Piala Dunia 2022 karena...

Kompas.com - 05/03/2022, 07:00 WIB
Ahmad Zilky,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ukraina telah meminta FIFA untuk melakukan penundaan pertandingan melawan Skotlandia di playoff Piala Dunia 2022.

Sejatinya pertandingan Skotlandia vs Ukraina bakal diselenggarakan di Stadion Hampden Park pada Kamis (24/3/2022).

Namun, situasi krisis yang tengah dihadapi Ukraina akibat serangan Rusia pimpinan Vladimir Putin membuat mereka meminta FIFA untuk melakukan pennundaan.

Baca juga: China Stop Siaran Premier League Pekan Ini Akibat Aksi Solidaritas ke Ukraina

Dalam pernyataannya FIFA menulis bahwa akan mencari solusi terbaik dari kondisi yang sedang dihadapi Ukraina.

“FIFA mengungkapkan rasa solidaritas kepada semua orang yang terkena dampak dari situasi di Ukraina. Informasi lebih lanjut akan diberikan pada waktunya,” kata FIFA kepada BBC dikutip dari Goal International.

Sebelumnya, Skotlandia juga sudah memberikan surat kepada Ukraina sebagai bentuk dukungan mereka atas krisis yang terjadi di sana.

Baca juga: Keajaiban Ukraina Menuju Paralimpiade Musim Dingin: Tidur di Lantai Bus hingga Terjang Serangan Misil

“Sepak bola tidak penting di tengah situasi konflik,” kata Presiden FA Skotlandia Rod Petrie.

“Tetapi kami telah menyampaikan rasa solidaritas kuat yang dikomunikasikan kepada kami oleh para penggemar dan warga Skotlandia dalam beberapa hari terakhir,” kata dia.

“(SFA) telah menawarkan untuk mendukung persiapan Ukraina sebaik mungkin dalam keadaan sulit yang tak terbayangkan ini,” lanjutnya.

Seperti diketahui sebelumnya, dampak invasi Rusia ke Ukraina telah mendapatkan sanksi dari organisasi sepak bola seperti FIFA dan UEFA.

Baca juga: Aksi Militer Rusia ke Ukraina, Taekwondo Pentingkan Perdamaian

FIFA dan UEFA memberikan sanksi kepada timnas serta klub-klub Rusia untuk bertanding di kompetisi yang berada di bawah naungan mereka.

Kepastian ini disampaikan langsung melalui situs resmi UEFA pada Selasa (1/3/2022) dini hari WIB. Adapun keputusan tersebut diambil Dewan FIFA bersama Komite Eksekutif UEFA.

“FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim nasional maupun klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut,” demikian pernyataan resmi itu.

Baca juga: Taekwondo Pastikan Status Rusia dan Belarusia Usai Invasi Rusia ke Ukraina

Dengan keputusan ini, timnas Rusia tidak bisa bertanding melawan Polandia dalam semifinal playoff Piala Dunia 2022 yang akan digelar Maret ini.

Selain itu, klub Spartak Moscow juga keluar dari kompetisi Liga Europa. Spartak Moscow sebelumnya sudah memastikan satu tiket di babak 16 besar Liga Europa dan akan melawan RB Leipzig.

Oleh krena itu, RB Leipzig pun otomatis melaju ke perempat final Liga Europa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com