Alasan Pemain Persib Mohammed Rashid Tak Pegang Spanduk "Stop War"

Kompas.com - 04/03/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Pemain Persib Bandung, Mohammed Rashid, memberikan klarifikasi usai menjadi perbincangan lantaran dirinya enggan memegang spanduk bertuliskan "Stop War". 

Persib Bandung memetik kemenangan 2-0 atas Persija Jakarta pada pertandingan pekan ke-28 Liga Indonesia musim ini pada Selasa (1/2/2022).

Sebelum laga dimulai, para pemain Persib dan Persija berfoto dengan membentangkan spanduk bertuliskan "Stop War" sebagai dukungan untuk Ukraina yang diinvasi Rusia. 

Namun, Rashid menjadi sorotan setelah foto-foto yang beredar di media sosial memperlihatkan ia tidak memegang spanduk dan tampak berdiri jauh di belakang pemain Persib. 

Baca juga: Ketika David da Silva Menjawab Keraguan di Persib Bandung

Sontak, Rashid pun menjadi perbincangan para warganet. Beberapa memahami sikap Rashid sebab ia berasal dari Palestina yang bertahun-tahun mendapat serangan Israel. 

Rashid lalu mengunggah fotonya yang tidak memegang spanduk melalui fitur Instagram Story dan menambahkan keterangan "Hentikan semua kekerasan di dunia".

Tak berhenti di sana, Rashid kemudian juga menyampaikan klarifikasi soal sikapnya tersebut. 

Ia kembali menegaskan keinginannya agar semua perang di dunia dihentikan, bukan hanya di negara tertentu saja. 

"Untuk memperjelas, saya tidak setuju dengan perang di Ukraina atau perang apa pun di negara mana pun! Saya menentang semua perang. Beberapa orang mengira saya tidak ikut berfoto karena saya setuju dengan apa yang terjadi di Ukraina," tulis Rashid. 

Baca juga: VIDEO: Gelandang Persib Mohammed Rashid Cetak Gol Spektakuler untuk Palestina

"Jelas tidak. Nabi Muhammad mengatakan, tidak ada perbedaan antara orang Arab dengan non-Arab dan tidak juga antara orang berkulit hitam dan putih kecuali ketakwaannya! Tetapi, mengapa ketika kita melakukan hal yang sama untuk Palestina, itu menjadi ilegal dan berkata mencampuradukkan sepak bola dengan politik? Mengapa standar ganda? Ini sangat tidak adil". 

"Kita semua adalah manusia. Kami juga tidak ingin perang di Palestina, Suriah, Yaman, Irak, dan lain-lain. Jika kita ingin bersimpati dan menunjukkan kemanusiaan, kita harus melakukannya untuk semua orang yang menderita di seluruh dunia, bukan memilih dan memilih."

"Insya Allah semua perang akan berakhir dan orang-orang di mana pun di dunia dapat aman dan menikmati hidup jauh dari perang," tulis Rashid mengakhiri. 

Mohammed Rashid bergabung dengan Persib Bandung pada Juli 2021. Hingga saat ini, Rashid sudah tampil 22 kali dan mencetak 6 gol serta membuat 2 assist.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.