Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2022, 23:30 WIB

KOMPAS.com - Bek Everton, Vitaliy Mykolenko, menghujat Artem Dzyuba dan para pemain timnas Rusia yang diam seribu bahasa terkait invasi Rusia ke Ukraina.

Vitaliy Mykolenko merupakan bek asal Ukraina yang baru bergabung ke Everton dari Dynamo Kyiv pada bursa transfer Januari.

Sejauh ini, aliran simpati mengalir kepada Ukraina yang tengah menghadapi serangan militer terbesar di Benua Biru sejak Perang Dunia Kedua.

Berbagai stakeholder olahraga telah mengutarakan rasa belasungkawa mereka. Sementara, FIFA dan UEFA mengucilkan timnas dan klub-klub Rusia dari kompetisi internasional.

Dunia basket, balapan, tenis, hingga taekwondo juga telah mencekal atlet-atlet Rusia dari bertanding.

Baca juga: Pesan Mengharukan Petenis Ukraina Elina Svitolina Setelah Mengalahkan Petenis Rusia

Hanya saja, bek kiri tersebut kecewa bahwa para pemain timnas Rusia diam saja setelah satu minggu konflik berjalan.

Hal tersebut ia sampaikan dalam unggahan Instagram Story yang penuh amarah pada awal pekan ini. Amarah tertuju kepada kapten timnas Rusia Artem Dzyuba yang ia tag di unggahannya.

"Di saat kalian para pesepak bola diam saja, @artem.dzyuba, para warga sipil tengah dibunuh di Ukraina," tulis Mykolenko.

"Anda, dan yang terpenting anak Anda, akan terkunci di lubang kemaluan ini untuk seumur hidup. Saya akan sangat bahagia. Anda tak akan bisa dimaafkan."

Sementara itu, Everton telah menangguhkan kerjasama mereka dengan tiga perusahaan Rusia, USM Holdings, MegaFon, dan Yota.

Baca juga: Juara Tinju Dunia Oleksandr Usyk Siap Mengambil Nyawa Prajurit Rusia Jika Diperlukan

Ketiga perusahaan tersebut terkikat dengan pengusaha asal Uzbekistan Alisher Usmanov yang aset-asetnya dibekukan oleh Uni Eropa pada Selasa (1/3/2022).

Usmanov masuk daftar sosok yang pro-oligarki Kremlin dengan ikatan dekat bersama Presiden Rusia Vladimir Putin.

Salah satu investasi besar yang telah dilakukan Usmanov adalah pembayaran sebesar 30 juta pound pada 2020 untuk mengamankan hak penamaan stadion baru Everton, Bramley-Moore Dock.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+